Mencari Gerbang Pakuan

Judul: Mencari Gerbang Pakuan dan kajian lainnya mengenai Budaya Sunda
Seri: Sundalana 5
Penerbit: Pusat Studi Sunda, Bandung
Tahun terbit: 2006
hlm: 166 halaman

Dalam buku Seri Sundalana ini disajikan empat tulisan karya almarhum Saleh Danasasmita (1933-1968), ahli sejarah Sunda Kuno. Keempat tulisan tersebut, yang berkaitan dengan sejarah Sunda zaman Kerajaan Pajajaran atau Kerajaan Sunda, merupakan bagian dari hasil studi Saleh yang selama ini hanya terbaca di lingkungan yang relatif terbatas. Dengan keahliannya di bidang filologi dan ketelitiannya dalam upaya melacak sumber-sumber sejarah, Saleh mampu menyibak lembar demi lembar tabir yang sebelumnya menutupi kenyataan sejarah masyarakat dan kerajaan Sunda.

Selain menyajikan karya Saleh, buku ini juga menyajikan sebuah naskah Sunda Kuno hasil studi dan transkripsi filolog Undang A. Darsa dan sejarawan Edi S. Ekadjati. Naskah tersebut berjudul “Jatiraga,” dan sebelumnya tersimpan di museum berupa naskah lontar. Inilah warisan zaman Kerajaan Sunda yang amat penting dikaji dalam hubungannya denan penelitian mengenai kehidupan masyarakat Sunda dahulu kala, dan memiliki banyak relevansi dengan kehidupan masyarakat Sunda kini.

Daftar tulisan:

  1. Mencari Gerbang Pakuan – Saleh Danasasmita
  2. Hubungan antara Sri Jayabupati dan Prasasti Gegerhanjuang – Saleh Danasasmita
  3. Batu “Nyantra” dari Tapos – Saleh Danasasmita
  4. Mencari Gerbang Pakuan – Saleh Danasasmita
  5. Jatiraga Suntingan Naskah Lontar (Kropak 422) – Undang A. Darsa & Edi S. Ekadjati

BIla Anda membutuhkan buku ini, dapat menghubungi penerbit Kiblat Buku Utama, Jl. Gumuruh No. 38 Kota Bandung. Info kontak: Telp./Faks 022 7330595 Surat-e: pemasarankiblat@gmail.com.

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

4 Komentar

Tambah Komentar
  1. Assalamualaikum wr. wb. … Kang Ilham, mohon pencerahan dimana saya bisa mendapatkan semua buku-buku karangan Saleh Danasasmita diatas juga “Jatiraga”-nya Kang Undang S Darsa & Prof.Edi S Ekadjati diatas. Apabila memungkinkan membantu saya selanjutnya bisa secara pribadi via email. Terima kasih banyak Kang Ilham dan sukses untuk anda.

    1. waalaikum salam.
      Terima kasih, kang Agus.
      Buku-bukunya diterbitkan oleh beberapa penerbit, seperti Kiblat Buku Utama, dan Seri Sundalana (Kiblat juga), ada juga yang diterbitkan Unpad, dan Perpus RI. Mangga, nanti saya follow up di email.

  2. Acep A. Rijalulloh

    assalaamualaikum.
    sampurasun.
    abdi ogě peryogi Kang, JATIRAGA-na. kedah kamana maluruhna?

    1. Waalaikum salam. Rampés.
      Mangga tiasa langsung ka penerbit Kiblat Buku Utama, Jl. Gumuruh No. 38 Kota Bandung.
      Info kontak: Telp./Faks 022 7330595 Surat-e: pemasarankiblat@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com