Kamus Linguistik: Edisi Ketiga

IMG00760

foto: dok. pribadi

Judul : Kamus Linguistik: Edisi Ketiga
Penulis : Harimurti Kridalaksana
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2001 (cetakan kelima)
ISBN : 979-511-292-9
jml halaman : xlv+295

Kali ini saya berbagi informasi mengenai Kamus Linguistik yang disusun oleh linguis Indonesia terkemuka, yaitu Harimurti Kridalaksana. Di dalam kamus ini sudah terdapat penjelasan umum mengenai isi dan materi yang dibahasnya. Dibawah ini ditampilkan kutipan penjelasan pada halaman ix-xii, dengan sedikit penyesuaian.

Beberapa Petunjuk

Kamus Linguistik ini memuat lebih dari 3000 istilah dalam bidang teori linguistik, linguistik deskriptif, linguistik historis komparatif, fonetik, stilistika, etnolinguistik, filologi, semiotika, epigrafi, paleografi, pengajaran bahasa, penerjemahan, leksikografi, pembinana bahasa, dan sejarah linguistik, yang perlu dikuasasi peminat dari mulai belajar linguistik sampai sekurang-kurangnya tingkat sarjana. istilah-istilah yang dimuat itu sebagian merupakan istilah yang telah lazim dipakai dalam dunia internasional dan sebagian merupakan istilah yang khusus dipakai dalam dunia linguistik Indonesia. Termasuk dalam golongan terakhir itu ialah istilah-istilah dalam linguistik Indonesia, Arab, Sanskerta, dan daerah yang dianggap pantas diketahui oleh para siswa, peneliti, dan pengajar Indonesia.

Disamping istilah linguistik, dimuat pula dalam buku ini entri berupa biodata ringkas para tokoh linguis atau tokoh bidang lain yang berpengaruh dalam dunia linguistik, baik orang Indonesia maupun orang asing, yang sudah meninggal. Biodata tokoh-tokoh yang sangat berpengaruh , tetapi masih hidup, tidak dimuat disini.Dalam indeks dimuat istilah-istilah asing dan padanannya dalam Bahasa Indonesia untuk memudahkan pembaca mencarinya.

Dalam buku ini dimuat sekurang-kurangnya 300 nama bahasa (kurang dari 10% dari yang ada di dunia ini) sebagai contoh cara pengindonesiaan nama bahasa-bahasa lain.

Karena istilah-istilah linguistik bersifat internasional dan sebagian besar daripadanya diungkapkan dalam bahasa Inggris beberapa pedoman pengindonesiaan dipakai dalam buku ini, dengan penjelasan terperinci pada halaman x-xi.

Sebagai bagian yang penting dari kamus ini disertakan:

  • daftar lambang yang lazim dipakai dalam linguistik
  • daftar singkatan
  • peta lambang vokal dan konsonan
  • daftar beberapa aksara yang penting, antara lain aksara-aksara Indonesia dan yang menurunkannya, serta aksara-aksara Internasional. Pada yang terakhir ini disertakan pula transliterasinya.


Tampilan fitur buku
(klik untuk memperbesar):

bagan alat ucap

bagan alat ucap

aksara daerah Indonesia

aksara daerah Indonesia

keluarga bahasa utama di dunia

keluarga bahasa utama di dunia

bahasa-bahasa di indonesia

bahasa-bahasa di Indonesia

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com