Font Sunda Prada

Kairaga.com – Pengembangan font aksara Sunda yang dilakukan bersama beberapa kawan saya di komunitas Prada (Programmer Aksara Sunda), telah menghasilkan font yang cukup berguna untuk digunakan di berbagai aplikasi komputer dan Android. Font tersebut diberi nama sundaPradaGr.ttf. Font ini telah dikembangkan dengan bentuk desain yang menarik, berdasarkan standar karakter aksara Sunda Unicode.

Font Prada didesain secara menarik dengan teknologi yang dikembangkan

Teknologi yang diterapkan pada font ini yaitu OTF dan Graphite, sehingga dapat tampil di berbagai aplikasi komputer dengan baik. Dengan menggunakan teknologi Graphite, karakter dengan kombinasi kompleks dapat ditangani dengan baik. Font Prada juga mendukung pengetikan aksara pasangan gantung. Fitur ini baru dapat diterapkan dengan baik pada browser Mozilla Firefox.

Fotir pasangan gantung

Karakter aksara Sunda yang ada pada font Prada dilengkapi dengan tanda baca seperti bindu. Hal ini karena font Prada menggunakan slot karakter aksara Sunda pada Unicode versi 6.0, sehingga karakter yang disediakan lebih lengkap. Slot karakter font Prada juga dilengkapi dengan aksara Latin dan Cacarakan. Berikut ini tampilan penempatan karakter pada keyboard QWERTY.

posisi keyboard tanpa shift

Beberapa karakter khusus dan tanda baca ditempatkan pada slot tombol dengan posisi Shift. Posisi yang dibuat masih berupa usulan.

posisi keyboard dengan shift

Untuk menggunakan font Prada diperlukan driver khusus untuk mendukung Unicode versi 6.0 yang disediakan di situs font Sunda Prada. Walau begitu, driver aksara Sunda Unicode terdahulu juga dapat digunakan untuk font Prada. Hanya saja, beberapa karakter khusus tidak akan dapat diinput.

Berikut ini tampilan font Prada saat digunakan pada MS Office 2010.

Font ini dilepas dengan lisensi bebas, sehingga siapa saja dapat mengunduh dengan gratis. Untuk mendapatkan font Prada, silahkan berkunjung ke halaman resmi font Sunda Prada berikut ini: https://sites.google.com/site/fontsundaprada/ 

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com