Tips Mencetak Dokumen Beraksara Sunda

Saat kita akan mencetak dokumen MS Word yang menggunakan font aksara Sunda, sedangkan kita tidak memiliki printer, maka cara yang paling aman adalah menyimpannya dokumen ke dalam format PDF. Dengan begitu dokumen dapat dibuka di komputer manapun yang belum dipasangi font aksara Sunda. Lalu selanjutnya bisa diprint melalui komputer mana saja dan printer jenis apapun.

Ada dua cara untuk menyimpan dokumen ke dalam format PDF. Pertama dengan menggunakan fitur “save as pdf”, kedua dengan cara “print to pdf”. Keduanya tidak akan bermasalah bila digunakan untuk dokumen yang hanya menggunakan font huruf Latin. Tetapi berbeda dengan dokumen berhuruf Sunda. Terutama bila menggunakan rarangken rangkap.

Aksara Sunda di MS Office 2010 (lihat berkas asli)

Save as PDF (tidak disarankan)

Fitur yang dimiliki oleh MS Office 2010 untuk menyimpan dokumen ke dalam format PDF adalah “save as pdf”. Menggunakannya sangat mudah, hanya tinggal memilih menu “save as/simpan sebagai” lalu masukkan nama dokumen, lalu simpan di folder tujuan.

File-Save As-PDF

Dokumen hasil perintah “save As PDF”. Rarangken ganda jadi menumpuk. (lihat berkas asli)

Cara ini memiliki kekurangan untuk dokumen aksara Sunda. Aksara Sunda dengan rarangken rangkap hasilnya menjadi bertumpuk. Tentu ini menjadi masalah. Maka, saya menganjurkan untuk menggunakan cara kedua di bawah ini.

Print to PDF (sangat disarankan)

Untuk menggunakan cara ini, dibutuhkan software PDF printer. Ada banyak software PDF printer yang bisa diunduh gratis di internet, misalnya saja Adobe Acrobat Distiler, Dopdf, Novapdf, dll.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menginstal software PDF printer. Bila sudah, makan akan terhubung dengan pengaturan printer di MS Word.

Ketika dokumen yang menggunakan font Sunda akan disimpan, pilih “print” lalu atur printer menjadi “print to PDF”, atau semacamnya, tergantung nama pdf printer yang diinstal sebelumnya. Saya menggunakan Adobe PDF Printer.

Menggunakan perintah “Print to PDF” dengan Adobe PDF

Setelah dipilih, lalu print/cetak. Kemudian akan muncul jendela untuk menamai dokumen. Tambahkan nama dokumen tujuan, lalu save/simpan sebagai PDF. Dokumen akan diproses beberapa saat. Setelah selesai dapat ditampilkan di program pembaca PDF.

berikan nama dan simpan.

Proses penyimpanan

Hasilnya baik, rarangken ganda tidak bertumpuk. (lihat berkas asli)

 

Siap Dicetak

Dengan format PDF yang sudah dibuat, dokumen beraksara Sunda tidak akan berubah isinya. Aksara yang telah diketik dan diatur akan tetap pada posisinya seperti saat diketik pada MS Word.

Meskipun komputer yang digunakan untuk mencetak dokumen berbeda dengan komputer untuk mengetik, bahkan kalau tidak diinstal aksara Sunda juga tetap bisa membacanya dengan benar. Asal sudah dipasangkan program pembaca PDF.

Anda tidak perlu khawatir dokumen akan menjadi kacau. Dokumen beraksara Sunda siap dicetak di manapun!

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

2 Komentar

Tambah Komentar
  1. Hatur nuhun kang info na, mugia manfaat kasadaya na

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com