Aplikasi Aksara Sunda di Android: Pasundan

Kairaga.com — Saat ini terdapat beberapa aplikasi aksara Sunda yang dapat diunduh secara gratis di Google Play. Aplikasi-aplikasi itu umumnya berupa pembelajaran dasar aksara Sunda, mulai dari cara membaca, menulis hingga menyediakan latihan menulis dan soal-soal.

Kairaga.com akan mengulas satu persatu aplikasi pembelajaran aksara Sunda yang ada. Untuk ulasan pertama yaitu aplikasi yang bernama Pasundan.

Aplikasi Pasundan dirilis oleh ardianasti@gmail.com pada versi 1.0 dengan update terakhir pada 13 April 2014. Hingga tulisan ini dibuat, Pasundan telah diunduh lebih dari 5.000 kali oleh pengguna Android.

Pasundan memiliki tema warna merah lembut, dengan tampilan tombol ikon pada menu utama berupa kotak merah dengan aksara A mandiri. Saat membuka aplikasi dengan menekan ikon utama, kita akan disambut oleh gambar Cepot yang tersenyum dengan latar siluet gugunungan, sementara program memuat menu utama.

Ikon dan tampilan pembuka.

Setelah menu terbuka sepenuhnya, terdapat empat pilihan menu utama yaitu Sejarah, Aksara, Rarangken, dan Quiz.  Tampilannya cukup sederhana dan terkesan rapi.

Menu utama

Saat membuka pilihan menu Sejarah, akan tampil informasi mengenai sejarah perkembangan aksara Sunda dari masa ke masa secara ringkas.

Menu Sejarah dan Aksara

Di dalam menu Aksara terdapat submenu yang berisi informasi tentang Aksara Dasar, Aksara Swara, Konsonan dan Angka. Setiap submenu dapat dibuka dan menampilkan jendela baru.

Isi menu Aksara – Konsonan

Seluruh isi submenu pada menu utama Aksara berisi informasi tentang aksara dalam kategori yang disebutkan, dengan tampilan daftar bentuk aksara Sunda disertai aksara Latin. Untuk melihat penjelasan singkat tentang kelompok aksara yang dimaksud, dapat menekan tombol informasi pada pojok kanan atas.

Bila salah satu aksara ditekan, maka akan muncul jendela untuk latihan menulis.  Konten ini baik untuk melatih akurasi bentuk aksara yang dipilih.

Latihan menulis aksara

Menu Rarangken berisi informasi dasar tentang bentuk, fungsi dan cara penggunaan rarangken pada kata. Pada tampilan daftar bentuk rarangken, tiap rarangken dapat ditekan dan memunculkan jendela informasi fungsi dan cara menggunakannya, dengan disertai contoh pada kalimat.

Menu Rarangken

Menu terakhir yaitu Quiz, merupakan serangkaian soal dengan pilihan ganda mengenai aksara Sunda. Seluruh soal latihan terdapat pada informasi yang disediakan pada aplikasi Pasundan.

Menjawab soal pada menu Quiz

Aplikasi ini tersedia di Google Play dengan nama Pasundan pada kategori Edukasi dengan nilai bintang 4.6 oleh lebih dari 300 orang pengguna. Penasaran untuk mencoba? Langsung saja unduh Pasundan di Google Play.

Ikuti dan bagikan:
0

2 Comments

Add a Comment
  1. saya kecewa sebagai pencipta aplikasi ini, dikarenakan perusahaan telah melanggar kesepakatan,. perusahaan telah menonaktifkan hak akses yang dimiliki penciptanya.

    1. Sangat disayangkan jika hak akses diblokir secara sepihak. Apa sudah dikomunikasikan lebih rinci dengna pihak pengelola? Apa tindakan itu sudah termasuk dalam kontrak perjanjian pertama ketika dipublikasikan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *