Lomba Baca-Tulis Aksara Sunda Tingkat SMA, MGMP Basa Sunda Kota Bandung.

Sesi alih aksara Latin ke dalam aksara Sunda.

Kairaga.com — Pasanggiri (lomba) membaca dan menulis aksara Sunda tingkat SMA kembali digelar tanggal 10 Mei 2016 kemarin. Kegiatan yang digelar oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Sunda SMA Kota Bandung ini menjadi salah satu dari mata lomba keterampilan bahasa Sunda yang digelar tiap tahun.

Bertempat di SMAN 8 Kota Bandung, lomba ini diikuti tak kurang dari 70 orang peserta dari berbagai sekolah menengah dan kejuruan se-Kota Bandung. Peserta dihadapkan kepada dua jenis soal, yaitu alih aksara Latin ke dalam aksara Sunda dan membaca kalimat yang ditulis dengan aksara Sunda.

Penilaian penulisan aksara Sunda yaitu kerapian, ketepatan dan keefektifan penggunaan aksara. Sedangkan penilaian membaca yaitu kecepatan, ketepatan, dan kelancaran. Juri lomba kali ini terdiri dari dua orang yaitu Dr. Ruhaliah, M. Hum. dan Ilham Nurwansah, M.Pd.

Tiga orang peserta terbaik telah dipilih yaitu:

  • Juara pertama: No. Peserta 13-2 dengan nilai 1162
  • Juara kedua: No. Peserta 13-1 dengan nilai 1152
  • Juara ketiga: No. Peserta 21-2 dengan nilai 1145

Juara pertama pasanggiri baca-tulis aksara Sunda ini akan menjadi wakil Kota Bandung untuk menuju jenjang lomba di tingkat provinsi yang akan datang.

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *