Gambaran Kosmologi Sunda

Judul : Gambaran Kosmologi Sunda
Penyusun : Undang A. Darsa & Edi S. Ekadjati
Penerbit : Kiblat Buku Utama & Balai Pengelolaan Kepurbakalaan, Kesejarahan dan Nilai Tradisional, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat
Tahun terbit : 2006
Jml. Hal. : 228
ISBN : 979-3631-77-5

Kairaga.com – Buku ini merupakan hasil penelitian atas naskah Sunda Kuna yang dilakukan atas dukungan Toyota Foundation. Penelitian ini dilakukan terhadap tiga buah naskah lontar, yaitu naskah-naskah: Kropak 420, kropak 421, dan kropak 422.

Naskah Kropak 420 berisi uraian kosmologi Sunda yang merupakan kepercayaan lama Sunda dan ajaran Hindu/Budha. Naskah Kropak 421 berisi empat buah teks, yaitu Silsilah Prabu Siliwangi, Mantra Aji Cakra, Mantra Darmapamulih, dan teks berisi ajaran Islam tentang bacaan basmalah, syahadat, dan salat. Sebuah bukti bahwa proses Islamisasi di tatar Sunda diiringi dengan praktek peribadatannya, bukan hanya soal keimanan (kepercayaan) saja. Adapun teks naskah Kropak 422 yang berjudul Jatiraga berisi uraian tentang ajaran kepercayaan masa Pra-Islam.

Ketiga naskah lontar tersebut diambil dari koleksi naskah Perpustakaan Nasional (BGKW dulu) yang berasal dari pemberian Bupati Galuh R.A.A Kusumadiningrat. Sebelum berada di koleksi naskah BGKW, ketiga naskah tersebut bersama-sama naskah lontar Sunda lainnya disimpan di kabuyutan Kawali di Ciamis bagian utara. Naskah-Naskah ini beserta benda budaya lainnya dipercayai oleh masyarakat setempat sekitar satu abad yang lalu sebagai benda budaya peninggalan raja-raja Pajajaran (Sunda).

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2018 Frontier Theme