Naskah, Teks dan Metode Penelitian Filologi

bk_nabilah_1Judul: Naskah, Teks dan Metode Penelitian Filologi
Penulis: Prof. Dr. Nabilah Lubis, MA
Penerbit: Yayasan Media Alo Indonesia
Tahun terbit: 2001 (cetakan kedua)
Jml. Hlm.: vi+103

Kairaga.com – Buku Naskah, Teks dan Metode Penelitian Filologi ini berisi teori, sejarah perkembangan dan metode penelitian Filologi, terutama terhadap naskah-naskah keagamaan Islam di Indonesia. Pada mulanya buku ini adalah kumpulan materi kuliah yang digunakan dalam mata kuliah kajian naskah. Di dalam cetakan kedua ini diadakan penambahan dan penyempurnaan terhadap materi cetakan pertama.

Dalam Pendahuluan yang ditulis oleh Oman Faturahman, dinyatakan bahwa banyaknya teks-teks keagamaan –terutama dengan unsur tasawuf– memang tidak terlalu mengherankan, terutama jika mengingat bahwa kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia hingga dewasa ini secara keseluruhan merupakan hasil dari proses akulturasi manusia Indonesia dengan peradaban Islam, yang disebut sebagai salah satu dari tiga pengalaman besar dalam akulturasi di Indonesia.

Asal-usul kata “Filologi” dijelaskan oleh penulis sebagai berikut:
Filologi berasal dari bahasa Yunani philos yang berarti “cinta” dan logos yang artinya “kata”. Pada kata Filologi kedua kata itu membentuk arti “cinta kata” atau “senang bertutur”. Arti ini kemudian berkembang menjadi senang belajar atau “senang kebudayaan”. Dalam bahasa Arab, Filologi adalah ilmu tahqiq al-nushus. Az-Zamakhsyari misalnya menyebutkan dalam kitab Asas al-Balaghah sebagai berikut: ”Mentahqiq sebuah teks atau nash, yaitu melihat sejauh mana hakekat yang sesungguhnya yang terkandung di dalam teks itu. Mengetahui suatu berita dan menjadi yakin akan kebenarannya. Oleh sebab itu yang dimaksud dengan “tahqiq” dalam bahasa ialah pengetahuan yang sesungguhnya dan berarti juga mengetahui hakekat suatu tulisan.”

Buku ini terdiri dari tujuh bab. Bab I: Pendahuluan, Bab II: Sastra dan Kesastraan, Bab III: Filologi, Bab IV: Tekstologi dan Tahqiq, Bab V: Sejarah Perkembangan Filologi dan Tahqiq an-Nushush, Bab VI: Hubungan Filologi dengan Ilmu-ilmu Lain, dan Bab VII: Metode-metode Penelitian Teks. Daftar isi lengkap dapat dilihat pada tautan ini.

Bagi Anda yang ingin memulai untuk terjun ke dalam penelitian Filologi, sangat disarankan untuk menjadikan buku ini sebagai salah satu referensinya. Dasar-dasar ilmu Filologi dijelaskan secara lugas, sesuai dengan konteks umum dan konteks lokal terhadap naskah-naskah di Indonesia. Untuk pemesanan buku, Anda dapat menghubungi Yayasan Media Alo Indonesia, Jl. Tebet Barat Dalam VI-D, Jakarta 12080.

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com