Naskah (salinan) Koleksi Perpustakaan JPBD, UPI

Perpustakaan Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia, memiliki beberapa buah salinan naskah Sunda dalam bentuk kopifoto. Koleksi naskah yang umumnya berupa wawacan dengan menggunakan pola pupuh ini diperoleh dari sumbangan mahasiswa dan dosen pada mata kuliah Filologi. Metode yang digunakan oleh mahasiswa JPBD dalam mendapatkan salinan naskah ini yaitu dengan studi lapangan ke beberapa kantong naskah di Jawa Barat.

Salinan naskah koleksi perpustakaan JPBD berjumlah 14 buah berupa fotokopi berukuran folio (F4) dengan sampul plastik mika dan karton. Ditulis menggunakan huruf pegon. Bahasa yang digunakan dalam naskah-naskah tersebut umumnya berbahasa Sunda dan sebagian berbahasa Sunda-Jawa. Seluruh naskah ditulis pada kertas bergaris dengan ukuran rata-rata 22 x 15 cm untuk 12 naskah, dan 22 x 31 cm pada dua naskah lainnya.


Beberapa naskah telah diberikan keterangan judul, pemilik asal dan tempat naskah diperoleh memakai huruf latin. Judul-judul yang dapat diidentifikasi dari keterangan tersebut adalah Nabi Medal (2 buah), Ahmad Muhamad, Siti Jaojah, dan Asmarandana jeung Sinom. Naskah-naskah yang diberi keterangan tempat berasal dari Wanasari, Cibitung, Jampang Kulon, Linggajaya dan Cihaur. Dari pembacaan isi sekadarnya, naskah-naskah ini berisi tentang sejarah, riwayat, pepatah dan amalan do’a.


Naskah-naskah tersebut termasuk ke dalam khasanak pernaskahan Islam di daerah Sunda. Oleh karena itu, isi kandungan, pemilihan kata dan istilah yang digunakan bernuansa Islami yang kental. Pada awal pembukaan teks umumnya diawali dengan do’a, dan penyebutan judul atau ikhtisar isi. Pada bagian akhir beberapa naskah terdapat kolofon dengan bentuk yang khas pada naskah-naskah beraksara pegon.

Selain naskah salinan yang dapat di akses pada hari-hari kerja, JPBD UPI juga masih memiliki naskah-naskah Sunda lainnya dalam bentuk data, mikrofilm maupun media penyimpanan lainnya. JPBD juga memiliki berbagai karya tulis tentang kajian naskah Sunda dan berbagai laporan penelitian lapangan naskah Sunda. Arsip tersebut dapat digunakan untuk kepentingan penelitian maupun kajian umum tentang naskah Sunda. Bila memerlukan informasi lebih lengkap tentang koleksi naskah di JPBD, dapat langsung menghubungi Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah UPI di lt.2 Gedung C FPBS Jl. Dr. Setiabudhi No. 229Bandung 40154 Jawa Barat,

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0
Updated: 11 Juli 2012 — 14:57

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com