Bubulhak Nyimas Gandasari

Penyimpan : Museum Negeri Sri Baduga, Bandung
kode inv. : 07.02
judul : Bubulhak Nyimas Gandasari
asal : Cirebon
bahan : kertas Eropa
aksara : Cacarakan
bahasa : Jawa Cirebon
Jumlah hlm. :205

Deskripsi
Keadaan naskah cukup baik, lengkap, jelas dan masih dapat dibaca. Naskah ini berukuran 17 x 11 cm dengan ukuran ruang tulisan 13 x 8 cm, jumlah baris per halaman 11 baris. Ditulis di atas kertas Eropa berwarna putih kecoklatan. Naskah ini teksnya berbentuk puisi, tembang pupuh yang diawali dengan pupuh Kinanti, dan ditulis dengan tinta berwarna hitam dan merah. Naskah ini berasal dari Cirebon

Isi Kandungan Naskah
Teks naskah Bubulhak Nyimas Gandasari berisi tentang perjuangan Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan agama Islam di Jawa Barat sampai mendirikan kerajaan Islam di Cirebon yang dipimpin olehnya. Sunan Gunung Jati adalah raja yang arif dan bijaksana sehingga kuwu-kuwu di wilayah Cirebon tunduk dan patuh kepadanya kecuali Palimanan.

Salah satu wilayah kerajaan Cirebon adalah Pangurangan, dipimpin oleh seorang wanita cantik bernama Nyimas Gandasari. Meski sudah dikalahkan oleh raja Syam dia belum bersedia untuk menikah sehingga Sunan Gunung Jati menyarankan agar mereka menikah setelah zaman berakhir. Atas kehendak Allah, keduanya menghilang.

Naskah ini juga berisi primbon mengenai pawukon, yaitu watak-watak manusia berdasar waktu, tanggal, dan hari lahir. Bercerita juga teantang tokoh Islam di Jawa, seperti Ki Syeh Jumaludin Kubra, Abu Bakar, dan Haji Saka.

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com