Nahwu Shorof

Penyimpan: Museum Negeri Sri Baduga
No. inv: 07.04, CD-FO/01.08
Judul: Nahwu Shorof
Bahan: Kertas Daluang
Huruf: Arab
Bahasa: Arab
Jumlh hlm.: 274

Deskripsi
Keadaan naskah cukup baik, lengkap, dan masih dapat dibaca. Naskah ini berukuran 19,5 x 31,4 cm dengan ukuran ruang tulisan 12,5 x 17 cm. Jumlah baris per halaman 14 s.d. 15 baris, beberapa halaman hanya terdiri dari 5 baris. Naskah ni teksnya berbentuk prosa, tulisan jelas karena hurufnya besar serta tintanya berwarna hitam, jarak antar baris sekitar 1,7 cm. Naskah ini berasal dari Majalengka, disalin oleh 1 orang penyalin, berupa naskah keagamaan sehingga sering digunakan dalam pengajian.

Isi Kandungan Naskah
Isi teks naskah ini berisi tata cara atau kaidah-kaidah dalam membaca Al-Quran, sehingga disebut naskah Nahwu Shorof. Selain itu naskah ini berisi pula tafsir Al-Quran. Teks naskah ini terdiri dari beberapa teks (judul) yang berisi tentang:

07.04.01 Kitab Saraf Al-Kailani
Kitab Saraf Al-Kailani berisi tentang ilmu morfologi bahasa Arab yang dikenal dengan ilmu saraf. Dalam morfologi bahasa Arab dikenal perubahan bentuk kata dari infinitif yang biasa dikenal sebagai fi’il mad’i (kata kerja bentuk lampau) ke bentuk-bentuk lain. Perubahan itu bisa ke dalam bentuk fi’il lain, bisa pula ke dalam bentuk isim (kata benda)

07.04.02 Kitab Al-Awamil

Kitab Al-awamil merupakan kitab tata bahasa Arab yang mengandung kajian kaidah struktur kalimat bahasa Arab dengan konsekuensi perubahan i’rab (bunyi akhir kata) berdasarkan posisi kata pada suatu kalimat. Disiplin ilmu Arab tentang bahasa semacam ini disebut ilmu Nahwu. Isi kitab ini menjelaskan berbagai penentu i’rab kata bahasa Arab dalam struktur kalimat. Jumlah ‘awamil (kata penentu i’rab) dalam ilmu Nahwu ada seratus ‘amil, ada yang bersifat lafzi dan ma’nawi. Lafzi terdiri dari 2 jenis, yaitu sama’i 91 ‘amil dan qiyasi 7 ‘amil, sedangkan ma’nawi terbagi 2, yaitu ‘amil yang berpengaruh pada multada dan khasar, ‘amilnya berada pada mubtada dan ‘amil yang berpengaruh pada fi’il mud’ari yang menempati tempat isim.

07.04.03 Kitab Jurumiah

Kitab Jurumiah berisi tentang tata bahasa Arab, bidang ilmu nahwu, yaitu ilmu tata bahasa yang mengungkap berbagai kaidah dasar yang berkaitan dengan kelimat, struktur kalimat, dan konsekuensinya terhadap bunyi akhir suasu kata pembentuknya.

07.04.04 Syarah Mukhtasar Al-Awamil
Naskah ini berjudul Syarah Mukhtasar Al-Awamil yang membahas ilmu tata bahasa Arab (qawa’id al-lughat). Pembahasan dimulai dengan pembagian ‘awamil lafziyyah dan ma’nawiyyah.

Ikuti dan bagikan:
error0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *