Wawacan Suryaningrat

Penyimpan: Museum Negeri Sri Baduga
No. inv: 07.05
Judul: Wawacan Suryaningrat
Bahan: Kertas Eropa
Aksara: Cacarakan
Bahasa: Jawa kuno
Jumlah hlm: 116

Deskripsi
Keadaan naskah rusak, beberapa lembar sudah sobek, korup, dan tidak dapat dibaca lagi. Naskah ini berukuran 25 x 21,5 cm dengan ukuran ruang tulisan 165 x 15 cm, jumlah baris perhalaman antara 13-20, sehingga jarak tulisan antar baris tidak sama. Naskah ini ditulis dengan menggunakan tinta berwarna hitam, berasal dari Majalengka.

Isi Kandungan Naskah
Naskah yang berjudul Wawacan Suryaningrat ini menceritakan tentang seorang raja yang bernama Dhuryan yang ingin mempersunting gadis bernama Ratna Ningrum, anaknya Patih Salyanegara dari negeri Dursellan. Ratna Ningrum tidak mau diperistri oleh Raja Dhuryan, menolak lamaran yang telah disampaikan kepadanya, sampai akhirnya Ratna Ningrum pergi meningalkan negeri untuk mengembara.

Dalam pengembaraannya, Ratna Ningrum dipertemukan dengan sorang pemuda bernama Raden Suryaningrat. Mereka jatuh hati dan menjalin hubungan asmara, diketahuilah oleh Raja Dhuryan sehingga membuatnya marah, denan segera memerintahkan path dan para pembantunya untuk menangkap Suryaningrat. Raden Suryaningrat tertangkap dan dimasukkan ke dalam penjara, namun tidak berapa lama dapat melarikan diri lalu mengembara. Setelah lama mengembara pulanglah ke negaranya dan dipertemukan kembali dengan Ratna Ningrum lalu menikah. Akhirnya, Raden Suryaningrat dinobatkan sebagai Raja Banuningsit menggantikan ayahnya, Raja Suryanegara, yang berkedudukan di daerah Wanagiri.

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com