Ilmu Fiqih

Judul: Ilmu Fiqih
Penyimpan: Museum Negeri Sri Baduga
No. inv. : 07.09 / CD-FO/03.08
Bahan: Kertas dluwang
Bahasa: Arab
Aksara: Arab
hlm : 402 halaman

Deskripsi Naskah
Keadaan naskah sebagian sudah rusak, korup, namun sebagian teks masih dapat dibaca. Naskah ini berukuran 20 x 27,5 cm dengan ukuran ruang tulisan 12,5 x 20 cm, jumlah baris per halaman 15 baris, jumlah halaman naskah 402, namun yang berisi teks hanya 276 halaman. Naskah ini teksnya berbentuk prosa, tulisan ditulis dengan huruf kecil serta tintanya berwarna hitam. Jarak antarbaris sekitar 0,8 cm. Naskah ini berasal dari Sumedang, naskah ini berupa naskah keagamaan sehingga sering digunakan dalam pengajian.

Isi Kandungan Naskah
Isi teks naskah ini berisi tentang ilmu-ilmu fiqih yang kebanyakan menjelaskan tentang hakikat rukun Islam dan rukun iman. Teks naskah ini terdiri dari beberapa teks (judul), yaitu:

07.09.01 Kitab Fiqih
Kitab Syarah Samarkandi merupakan kitab nukilan dari Syarah Taqrib dan Safinah Alnaja yang membahas ilmu fiqih, mengandung isi; pertama, taharah yaitu sesuatu yang dilakukan untuk menghilangkan hadas kecil dan besar. Kedua, shalat yaitu suatu ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Ketiga, zakat. Keempat, puasa Ramadhan yaitu menahan lapar dan haus dari pagi hingga sore dengan cara tidak makan dan minum berdasarkan ketentuan yang berlaku. Kelima, haji.

07.09.02 Bahjat al-‘Ulun Syarah al-Samarqanly
Kitab ini berisi tentang dasar-dasar keyakinan agama Islam yang disebut ushud aldin, tawhid, ilmu kalam, fiqih akbar, dalam terminologi Abu Hanifah, dan teologi menurut konsep Barat. Kitab ini menyampaikan konsep tawhid dengan metode tanya jawab dan pembahasannya yang terangkum dalam rukun iman, yaitu iman kepada pencipta (Allah), malaikat, Rasul, kitab suci, hari kiamat, dan takdir baik dan buruk yang diberikan pencipta kepada hamba-hamba-Nya, konsep iman salat, puasa, dan zakat.

07.09.03 Kitab Syarah Syahadatain
Kitab ini berisi tentang syahadat, yaitu ucapan yang harus dipahami oleh setiap muslim mukallap karena dapat mengantarkan masuk surga dan menyelamatkan dari kebinasaan dunia dan akhirat.

07.09.04 Al-Miftah fi Syarhi al-Ma’rifat al-Islam
Kitab ini berisi tentang hakikat, makna, dan pengertian dari rukuni slam yang terdiri dari: syahadat, shalat, zakat, puasa, dan berhaji, serta rukun iman, yaitu iman kepada-Nya, malaikat, rasul, kitab suci, hari akhir, dan takdir.

07.09.05 Kitab Al-Mufid
Kitab Al-Mufid merupakan kitab ilmu kalam, yaitu suatu bidang ilmu klasik dalam Islam yang melakukan rasionalisasi dasar-dasar kaimanan, khususnya iman kepada Allah dan Rasul-Nya dengan manggunakan dalil ‘aqli, argumentasi rasional. Dalam naskah ini dijelaskan dua macam ilmu, yaitu tashawuf (gambaran) dan tashid (pembenaran), hukum, sifat-sifat Allah, dan sifat-sifat rasul Allah, serta arti atau makna syahadat.

07.09.06 Kitab Syarah Ummi Al-Barahim
Isi kandungan naskah Kitab Syarah Ummi Al-Barahim merupakan bagian utama dalam ajaran Islam, yaitu mengenai keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya, di antaranya dijelaskan sifat wajib pada Allah, sifat mustahil pada Allah dan kewajiban mukallaf.

07.09.07 Fathu Al-Mubin bi Syarhi Ummi Al-Barahim
Naskah Fathu Al-Mubin bi Syarhi Ummi Al-Barahim isi kandungannya hampir sama dengan kitab Syarah Ummi Al-Barahim, yaitu mengenai keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya, di antaranya dijelaskan tentang sifat wajib pada Allah, sifat mustahil pada Allah dan kewajiban mukallaf.

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com