Primbon

Judul: Primbon
Penyimpan: Museum Negeri Sri Baduga
Bahan: Kertas Eropa
Aksara: Cacarakan; pegon
Bahasa: Jawa Cirebon
Halaman: 184

Deskripsi Naskah
Keadaan naskah cukup baik, utuh, dan masih dapat dibaca. Naskah ini berukuran 13,5 x 9 cm dengan ukuran ruang tulisan 10 x 13,5 cm, jumlah baris per halaman 9-12 baris, jarak antarbaris 1 cm, terdapat 2 lembar pelindung di awal dan akhir. Naskah ini teksnya berbentuk puisi, ditulis dengan tinta berwarna hitam dan merah. Naskah yang berasal dari Sumedang ini kemungkinan teksnya disalin oleh satu orang penyalin.

Isi Kandungan Naskah
Naskah Primbon ini berisi tentang tata cara bersenggama yang sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan ramalan-ramalan dalam kehidupan manusia.

Perhitungan dari nama seseorang yang dapat diramalkan nasibnya seperti perjodohan, pekerjaan, rizki, dan keselamatannya. Nama bayi yang baru lahir diambil dari nama nabi-nabi dan nama Islam yang diramalkan dengan nasib bayi tersebut dalam kehidupannya. Perhitungan letak tanah berdasarkan pancaka 12, yaitu perhitungan dalam membuat babatar dan gagajah rumah, sumur, dan dapur. Selain itu, berisi pula tabir mimpi dan gejala-gejala alam seperti gempa, gerhana, dan lain-lain.

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com