Pustaka Carbon Giri Agung

Judul: Pustaka Carbon Giri Agung
Penyimpan: Museum Sri Baduga
No. inventaris: 07.16
Bahan: kertas folio bergaris
Aksara: Cacarakan
Bahasa: Jawa Cirebon
Jml. Halaman: 175

Deskripsi Naskah
Keadaan naskah rusak, beberapa lembar sudah sobek, dan sebagian tidak dapat dibaca lagi. Naskah ini berukuran 20,5 x 30 cm dengan ukuran ruang tulisan 18,2 x 27,3 cm. Jumlah baris per halaman 18 baris, terdapat satu lembar pelindung di bagian awal. Naskah ini teksnya berbentuk puisi, halaman diberi nomor pada pias bias bagian bawah tengah, ditulis degan tinta berwarna hitam, dan jarak antarbaris 1 cm. Naskah ini berasal dari Cirebon.

Isi Kandungan Naskah
Isi naskah Pustaka Carbon Giri Agung, menceritakan tentang Sunan Gunung Jati yang bernama Syarif Hidayatullah, tokoh yang menyebarkan agama Islam dan penggerak kekuasaan Islam di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat. Syarif Hidayatullah, Sunan Gunung Jati, adalah pendiri kerajaan Islam Cirebon dan penguasa pertama kerajaan tersebut.

Dalam naskah ini diceritakan juga tentang wali songo, salah satunya Syarif Hidayatullah yang melakukan kegiatan di Cirebon atas tugas yang diberikan oleh Sunan Ampel, pemimpin dari kesembilan para wali. Selain itu, diceritakan pula hubungan antara kesultanan Cirebon dengan Banten, Demak, Pajang, dan Mataram yang tidak bisa dipisahkan lagi karena mempunyai hubungan yang sangat erat.

Ikuti dan bagikan:
error0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *