Wawacan Carbon

Judul: Wawacan Carbon
Penyimpan: Museum Sri Baduga
No.inventaris: 07.19
Bahan: Kertas Eropa
Aksara: Cacarakan
Bahasa: Jawa Cirebon
Jml. Halaman: 20

Deskripsi Naskah
Keasdaan naskah cukup baik, masih dapat dibaca. Naskah ini berukuran 14 x 20,4 cm dengan ukuran ruang tulisan 12,5 x 17,5 cm dan 12 x 19 c, jumlah baris per halaman 12 baris dan antara 25-28 baris, serta tulisan naskah ini sebagian ditulis rapat dan renggang. Naskah ini teksnya berbentuk puisi, ditulis dengan tinta berwarna hitam, penomoran terdapat pada pias atas tengah, dan naskah berasal dari Majalengka

Isi Kandungan Naskah
Naskah Wawacan Carbon merupakan sebuah naskah yang berisi karya sastra sejarah atau bisa disebut babad, karena dilihat dari isi kandungan ceritanya naskah Wawacan Carbon mengisahkan tentang Susuhunan Jati (sejarah tentang Sunan Gunung Jati)dan keturunannya. Amanat beliau, Sunan Gunung Jati, sebelum wafat kepada anak-cucunya agar senantiasa berbuat kebajikan. Selain itu digambarkan pula hubungan antara tiga kerajaan yang terjalin karenan adanya pernikahan di antara ketiga kerajaan tersebut,sehingga dengan hubungan itu dapat memperkuat posisi daerah.

Masyarakat Cirebon pada umumnya menganggap wawaca ini sebagai suatu kenyataan sejarah yang pernah terjadi di Kerajaan Cirebon.

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com