Pustaka Nagara Kretabhumi 1-3

Judul: Pustaka Nagara Kretabhumi 1-3
Penyimpan: Museum Sri Baduga
No. inventaris: 07.22, CD-FO/09.08
Bahan: kertas daluang
Aksara: Cacarakan
Bahasa: Jawa Cirebon
jml. Halaman: 100

Deskripsi Naskah
Keadaaan naskah cukup baik, utuh, masih lengkap dan masih dapat dibaca. Naskah disampul atau dijilid kokoh, kertas agak menguning dan tulisan agak pudar. Naskah ini berukuran 27 x 36,7 cm dengan ukuran ruang tulisan 20,1 x 29,6, jumlah baris per halaman 22 baris dengan jarak antarbaris 1 cm. Naskah ini teksnya berbentuk prosa, ditulis menggunakan tinta berwarna hitam, terdapat penomoran pada pias atas tengah. Naskah ini dikarang atas disusun oleh Pangeran Wangskerta di Kraton Cirebon pada 14 Suklapaksa Margarisa 1616 Saka (November-Desember 1694 Masehi) berasal dari Medan.

Isi Kandungan Naskah
Naskah yang berjudul Pustaka Nagara Kretabhumi 1-3 ini merupakan salah satu naskah dari 5 sargah (buku) naskah-naskah Pustaka Nagara Kretabhumi. Naskah ini menceritakan tentang pembukaan Kebon Pesisir menjadi negara Cirebon, kemudian dilanjutkan dengan perkembangan kota Cirebon serta peperangan perebutan kekuasaan yang pernah terjadi di Cirebon.

Padapermulaan cerita Naskah Pustaka Nagara Kretabhumi 1-3 ini, diceritakan mengenai tujuan meriwayatkan kerajaan-kerajaa di Bumi Parahyangan, Pulau Jawa, khususnya Cirebon.

Ikuti dan bagikan:
error0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *