Pustaka Rajya-Rajya i Bhumi Nusantara 2-4

Pustaka Rajya-Rajya i Bhumi Nusantara 2-4

Judul: Pustaka Rajya-Rajya i Bhumi Nusantara 2-4
Penyimpan: Museum Sri Baduga (Museum Negeri Jawa Barat)
Kode: 07.36, CD-FO/18.08
Bahan: Kertas daluang
Aksara: Jawa-Cirebon
Bahasa: Jawa Kuna
Jml Halaman: 268

Deskripsi Naskah
Keadaan naskah cukup baik, utuh, masih lengkap, dan masih dapat dibaca. Naskah disampul atau dijilid kokoh, kertas mulai menguning dan tulisan mulai pudar. Pada beberapa bagian terdapat tempelan lakban kuning sebagai perbaikan pada naskah yang sobek. Naskah berukuran 26,8 x 35,7 cm dengan ukuran ruang tulisan 20,7 x 30 cm. Jumlah baris per halaman 22 baris dengan jarak antarbaris 0,7 cm. Naskah ini teksnya berbentuk prosa, ditulis menggunakan tinta berwarna hitam, terdapat penomoran pias atas tengah. Naskah ini dikarang atau disusun oleh Pangeran Wangsakerta di Keraton Cirebon pada dwi cuddha rasa tunggal (1602 Caka = 1680 Masehi), tanggal 11 paro gelap, bulan Margacira.

Isi Kandungan Naskah
Naskah yang berjudul Pustaka Rajya-Rajya i Bhumi Nusantara 2-4 ini merupakan salah satu naskah dari naskah Pustaka Rajya-Rajya i Bhumi Nusantara yang jumlahnya 25 sargah. Naskah ini terbagi atas tiga bagian cerita, yaitu pembuka, inti cerita dan penutup. Secara garis besar teks naskah Pustaka Rajya-Rajya i Bhumi Nusantara 2-4 menceritakan tentang berdiri dan runtuhnya kerajaan-kerajaan di Nusantara yang terbagi atas 14 bagian cerita atau episode.

Selain itu, dalam naskah ini diceritakan pula silsilah raja-raja yang memerintah di Nusantara beserta hubungan kerabat dan keluarganya, terutama yang berada di pulau Jawa.

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com