Babad Banten

Judul: Babad Banten
Penyimpan: Meseum Sri Baduga
No. inv: 07.75
Bahan: Kertas Eropa
Aksara: Cacarakan
Bahasa: Jawa
Jml halaman: 474

Deskripsi Naskah
Keadaan naskah cukup baik, masih lengkap, dan masih dapat dibaca meskipun beberapa bagian teks telah korup. Naskah ini berukuran 17 x 21,5 cm dengan ukuran ruang tulisan 13 x 19 cm. Jumlah baris per halaman 12 baris, dari 474 halaman naskah yang ditulisi teks sebanyak 464 halaman serta lembar pelindung 2 lembar di awal dan akhir naskah. Naskah ini teksnya berbentuk puisi, ditulis menggunakan pena runcing serta tintanya berwarna hitam dan merah, jarak antarbaris sekitar 1,4 cm. Naskah ini berasal dari Cirebon.

Isi Kandungan Naskah
Naskah yang berjudul Babab Banten ini berisi tentang sejarah berdirinya kerajaan Banten, silsilah raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Banten, bahkan silsilah dimulai dengan adanya Nabi Adam AS.

Banten merupakan wilayah kerajaan yang berbentuk kesultanan, dipimpin oleh seorang sultan. Selain itu, dalam naskah Babad Banten ini diceritakan pula tentang Sunan Gunung Jati yang telah menurunkan sultan-sultan yang memerintah di Banten, mulai dari Sultan Hassanudin sampai kepada Sultan Ishak.

Referensi

  • Mulyana, Nana dkk. 2008. Katalog Naskah Kuno Museum Negeri Sri Baduga. Bandung: Balai Pengelolaan Museum Sri Baduga

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com