Niti Sastra

Judul: Niti Sastra
Penyimpan: Museum Sri Baduga (Museum Negeri Jawa Barat)
kode: 07.52
Bahan: kertas Eropa
Aksara: Cacarakan
Bahasa: Jawa Cirebon
Jml Halaman: 40

Deskripsi Naskah
Keadaan naskah baik, masih jelas, utuh dan masih dapat dibaca. Naskah ini berukuran 16,9 x 21 cm dengan ukuran ruang tulisan 12,9 x 16,3 cm. Jumlah baris per halaman 17 baris dengan jarak antarbaris 0,9 cm. Naskah ini teksnya berbentuk prosa, ditulis menggunakan pena runcing serta tintanya berwarna hitam, hanya 24 halaman berisi teks, penomoran terdapat pada pias atas tengah. Naskah ini berasal dari Subang.

Isi Kandungan Naskah
Isi teks naskah Niti Sastra (Parwa gambaran) merupakan angan-angan kehidupan masyarakat Jawa pada zaman Majapahit khususnya dan perkembangan sastra pada umumnya.

Naskah ini menggambarkan tingkah laku atau tata krama pada manusia secara keseluruhan yang merupakan cerminan dalam menjalankan tata kehidupan yang berdasarkan nilai, etika, ajaran moral, dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sosial masyarakat pada zaman tersebut. Nilai budaya ini memiliki relevansi yang tinggi dalam pendidikan anak dan generasi muda dalam perkembangan mental dan moral, terutama dalam hal kemanusiaan baik di bidang politik maupun ketatanegaraan atau kepemimpinan.

Referensi

  • Mulyana, Nana dkk. 2008. Katalog Naskah Kuno Museum Negeri Sri Baduga. Bandung: Balai Pengelolaan Museum Sri Baduga

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com