Lomba Baca-Tulis Aksara Sunda, Garut

IMG_20140423_105117

Menulis Aksara Sunda

Tanggal 23 April 2014 kemarin, saya kembali dipercaya sebagai salah satu juri pada kegiatan lomba menulis dan membaca aksara Sunda. kali ini lomba tersebut diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Sunda dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut. Lomba baca-tulis aksara Sunda adalah salah satu cabang lomba dalam rangkaian kegiatan Pasanggiri Apresiasi Basa, Sastra dan Seni Daerah tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Garut dalam rangka upaya pelestarian bahasa Ibu (baca: bahasa Sunda).

Dalam kesempatan ini saya bersama dua mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Daerah UPI, yaitu Iman Nurdin, dan Ai Jamilah menjadi juri untuk 30 orang peserta. Lomba dilaksanakan dua bagian. Bagian pertama yaitu menulis (alih aksara) dari tulisan latin ke dalam aksara Sunda. Selanjutnya dilaksanakan uji kemampuan dalam membaca paragraf yang ditulis dalam aksara Sunda.

Dengan mengenakan pakaian tradisional, para peserta yang mengikuti lomba ini terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengerjakan soal-soal untuk dialihaksarakan.

 

 

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0
Updated: 26 April 2014 — 07:43

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com