Workshop Internasional Bahasa Jawa Kuna, day 1

Day 1

14 Juni 2014

Di Hari pertama kegiatan Workshop Internasional Bahasa Jawa Kuna. Prof. Dr. Willem van Der Mollen membahas tentang tata suara subject, predicate, definite article, dan kalimat sederhana. Disediakan modul bacaan berupa booklet bagi setiap peserta. Pemberian materi dilakukan di ruang pertemuan Cinnamon yang masih merupakan bagian dari Ubaya Training Center. Kelas dimulai pada pukul 8.00 sampai pukul 10.30. Di akhir pelajaran diberikan tugas untuk memisahkan kata yang menggunakan hukum sandhi dan menerjemahkan beberapa kalimat bahasa Jawa Kuna ke dalam bahasa Inggris

Prof. Dr. Willem van der Mollen memberikan materi.

Prof. Dr. Willem van der Mollen memberikan materi.

Setelah makan siang, kelas dilanjutkan kembali pukul 12.45 dengan pembahasan tugas yang telah diberikan sebelumnya. Setiap peserta diberi kesempatan satu persatu untuk menjawab soal yang telah diberikan. Dalam pembahasan sandhi dicari beberapa alternatif kemungkinan kata dasar dari kata bentukan yang telah mendapatkan hukum sandhi. Setelah semua soal dibahas dilanjutkan ke pembahasan soal penerjemahan kalimat. Kalimat yang telah disediakan umumnya berupa kalimat sederhana. Penerjemahan dibantu dengan Kamus Bahasa Jawa Kuna-Inggris onlie di laman www.sealang.net/ojed/. Setelah kata diterjemahkan satu persatu kemudian disesuaikan dengan struktur dasar kalimatnya. Kelas diakhiri pukul 14.30. dilanjutkan dengan istirahat dan coffee break.

IMG_0809

Membahas tugas

Di sore hari seluruh peserta diajak jalan-jalan berkeliling suasana sekitar UTC dan mengunjungi beberapa tempat dan situs terdekat yang dapat dijangkau dari lokasi cottage. Kami bersama Prof. Dr. Arlo Griffith dari EFEO didampingi oleh Prof. Dr. Eugene dari KITLV dan pak Lutfi dari Arkeologi sempat mengunjungi situs Batu Belah. Situs lain yang kami kunjungi adalah sebuah gua bawah tana yang lubang masuknya telah ditutup batu. Setelah kembali ke cottage kami beristirahat dan makan malam. Pada pukul 20.00 dilanjutkan dengan pemberian materi presentasi berjudul An Introduction to the Study of the Skandapurāṇa dari Prof. Dr. Peter Bisschop dari Leiden, Belanda.

mengamati gunung Penanggungan dari kejauhan

mengamati gunung Penanggungan dari kejauhan

Pak Windu (Univ. Udayana Bali)-Ilham N. (UPI Bandung)-Aditia Gunawan (PNRI Jakarta)

Pak Windu (Univ. Udayana Bali)-Aditia Gunawan (PNRI Jakarta) Ilham N. (UPI Bandung)

 

Mengunjungi situs gua purba

Mengunjungi situs gua purba

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0
Updated: 15 Juni 2014 — 07:07

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com