Cara Menulis (mengetik) Aksara Sunda yang Benar

Setelah sebelumnya saya menulis artikel tentang cara menulis (mengetik) aksara Sunda yang salah, kali ini saya akan membahas cara menulis aksara Sunda yang benar. Cara menulis yang dimaksud di sini adalah proses mengetik dengan menggunakan keyboard komputer QWERTY. Artikel ini dibuat dengan harapan agar dapat meminimalisasi kesalahan pengetikan aksara Sunda pada komputer. Terutama bagi orang awam yang belum mengetahui sistem penulisan aksara Sunda dan cara pengetikannya di komputer.

Sistem operasi yang digunakan untuk mengetik aksara Sunda pada umumnya adalah Windows. Tetapi sistem operasi lainnya seperti Linux dan Macintosh juga dapat diterapkan cara pengetikan aksara Sunda seperti pada Windows.

Untuk dapat mengetik aksara Sunda pada komputer dengan benar, diperlukan dua hal pendukung yang harus dipasangkan ke dalam komputer, yaitu:

  1. Font aksara Sunda (Sundanese Unicode.ttf) atau lihat alternatifnya.

  2. Driver keyboard aksara Sunda

Dua hal di atas wajib dipasangkan agar komputer dapat membaca dan menampilkan font aksara Sunda. Perlu diketahui bahwa font aksara Sunda yang dikeluarkan oleh Tim Unicode Aksara Sunda terdapat dua jenis, yaitu font SundaneseLatin.ttf yang menggunakan slot keyboard huruf Latin, dan font SundaneseUnicode.ttf yang menggunakan slot keyboard khusus aksara Sunda.

Kedua font tersebut memiliki bentuk karakter yang sama, tetapi metode inputnya yang berbeda. Untuk font SundaneseLatin.ttf tidak memerlukan driver keyboard, karena setiap karakter aksara Sunda disimpan pada posisi slot aksara Latin. Sedangkan untuk font SundaneseUnicode.ttf memerlukan driver keyboard khusus untuk menampilkan setiap karakter aksara Sunda. Hal ini dikarenakan slot aksara Sunda pada tabel Unicode berbeda dengan slot karakter Latin, sehingga untuk menjangkaunya harus dipasang terlebih dahulu driver khusus aksara Sunda. Informasi lebih lengkap tentang pengkodean karakter aksara Sunda dapat dibaca di buku Direktori Aksara Sunda untuk Unicode.

Bila kedua hal yang diperlukan di atas telah dipasang, maka sekarang kita harus mengetahui posisi slot keyboard setiap karakter aksara Sunda. Posisi setiap karakter aksara Sunda ditempatkan pada layout tombol keyboard QWERTY agar memudahkan untuk mengaksesnya. Beberapa slot tombol tidak digunakan untuk aksara Sunda, sehingga ketika menekan tombol “kosong” ini akan muncul huruf latin sesuai dengan tombol itu. Perhatikan gambar berikut:

Layout Papan Tombol dalam posisi normal

Layout Papan Tombol dalam posisi Shift

Berikut ini saya buatkan tabel untuk membantu menghafal posisi aksara Sunda yang akan diinput pada keyboard.


PERHATIAN!

Font aksara Sunda menggunakan sistem case sensitive pada keyboard, perhatikan perbedaan huruf kecil (tanpa shift) dan kapital (dengan shift).


Vokal Mandiri

Konsonan

vokalisasi

Rarangken

Angka

 

Cara Mengetik Suku Kata & Kata

Cara Mengetik Frasa Sederhana 

silahkan donwload panduan ini dalam format PDF

Panduan Pengetikan Font Aksara Sunda.pdf 

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

10 Komentar

Tambah Komentar
  1. Arief Abdurrachman

    Assalamualaikum wr.wb. Kang upami angka kedah make garis tinggi kitu ? Hatur nuhun sateuacana

    1. Waalaikum salam. Muhun kedah. Tujuanana kanggo ngabéntenkeun antawis aksara sareng angka. Margi wangun angka aya nu mirip sareng aksara. Contona angka |᮳| (3) sami sareng aksara ᮅ (u). Upami diréndéngkeun bakal rada bingung macana ᮅ᮳.Numawi ditandaan ku garis ajeg ᮅ|᮳|

      1. Arief Abdurrachman

        wah hatur nuhun kang. sareng hiji deui,upami tanda tanda vokalisasi gaduh namian teu kang ?

          1. Arief Abdurrachman

            hatur nuhun kang

  2. Kang naha abi mah ngetik dua rarangken, sapertos dina kecap byur si rarangken na teh patumpang tindih teu sapertos conto diluhur.
    Kinten kintenna kunaon nya kang?
    Haturnuhun

    1. nganggo Windows naon? Office-na naon? Cobi nganggo LibreOffice, mudah-mudahan hasilna leres.

  3. Mohon informasi ada beberapa aksara dan tanda baca yang saya tidak mengerti fungsiny sudah mencari referensi diinternet tapi tidak ada. Seperti ᮺᮻᮼᮽ᳄᳅᳆᳇ dan tanda baca ᮿᮾ

    1. Aksara dan tanda baca tersebut adalah fitur dari aksara Sunda kuno yang didokumentasikan ke dalam blok Unicode. Tetapi tidak digunakan dalam aksara Sunda modern/baku.
      ᮺ = membuat jeda vokal pada aksara ngalagena (Sunda kuno). Contoh: alun-agung = ᮃᮜᮥᮔᮺᮌᮥᮀ
      ᮻ = konsonan “re/reu” (Sunda kuno)
      ᮼ = konsonan “le/leu” (Sunda kuno)
      ᮽ = konsonan “bha” (Sunda kuno)
      ᳄ = tanda awal teks (Sunda kuno)
      ᳅ = tanda awal teks (Sunda kuno)
      ᳆ = tanda awal teks (Sunda kuno)
      ᳇ = tanda awal teks (Sunda kuno)
      ᮿ = konsonan “m” final (tidak memiliki vokal /a/; Sunda kuno)
      ᮾ = konsonan “k” final (tidak memiliki vokal /a/; Sunda kuno)

      Selengkapnya dapat dilihat di sini: http://unicode.org/L2/L2009/09251-n3666-sundanese.pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com