Font Aksara Sunda Unicode versi 2013 (revisi)

Dari pengalaman menjadi juri lomba menulis dan membaca aksara Sunda yang telah berlalu, umumnya masih saja ditemui permasalahan mengenai aksara Sunda yang digunakan. Ada dua hal yang dipermasalahkan, yaitu mengenai gaya penulisan aksara dan bentuk karakter “ja”. Gaya penulisan yang umum dipertanyakan saat lomba adalah “gaya ngalagena” dan “gaya Unicode”. Yang dimaksud “gaya ngalagena” adalah gaya penulisan aksara Sunda seperti bentuk pada font Ngalagena.ttf yang dirintis tahun 2005. Sedangkan “gaya Unicode” adalah gaya penulisan aksara Sunda seperti bentuk pada font SundaneseUnicode.ttf yang telah distandarisasi tahun 2008.

Kali ini saya bahas tentang perbaikan bentuk karakter pada font Sundanese Unicode. Karena font ini digunakan sebagai standar untuk gaya penulisan pada lomba menulis aksara Sunda di berbagai daerah, baik tingkat sekolah hingga kabupaten. Di tingkat provinsi pun acuan yang digunakan adalah font Sundanese Unicode. Bahasan ini diharapkan dapat memberi informasi yang dapat membantu proses pembelajaran aksara Sunda.

Mengenai bentuk karakter “ja”, saya sudah ulas dalam artikel sebelumnya. Bentuk karakter “ja” yang benar adalah yang memiliki arah “topi” ke kanan, seperti huruf “da”. Kesalahan bentuk pada versi 1.0.5, kemudian direvisi pada versi 2 yang dikeluarkan tahun 2012. Tentunya ini seharusnya menjadi acuan yang baru untuk mengatasi kebingungan yang terjadi bagi para pembelajar aksara Sunda.

Bagi anda yang memerlukan font aksara Sunda Unicode versi terbaru, silahkan unduh melalui tautan berikut ini: Sundanese Unicode 2.0.ttf.

Perbedaan utama yang ada pada font versi baru 2013 yaitu pada karakter “ja” yang telah diperbaiki. Berikut ini perbandingannya:

Selain itu, bila menggunakan font versi 2 maka pada kolom pilihan font di word processor, namanya menjadi Sundanese Unicode 2013.

 

hasil pengetikan dengan font SundaneseUnicode-2.ttf dapat dilihat berikut ini:

Sribaduga Maharaja nyaeta salah sahiji raja di karajaan Pajajaran

Font Sundanese Unicode adalah font yang menjadi acuan standar hasil rancangan Tim Unicode Aksara Sunda. Hingga saat ini penyempurnaan masih terus dilakukan. Silakan kirimkan email ke info@kairaga.com jika Anda menemukan masalah saat pemasangan atau pengetikan font Sundanese Unicode.

Ikuti dan bagikan:
error5
Tweet 20

44
Leave a Reply

avatar
19 Comment threads
25 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
21 Comment authors
RezaAdminIantyusuphmdedi Taopik Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
adink
Guest

kahatur kang ilham nurwansah,

perkawis revisi huruf JA, geuning masih keneh seueur dkarakter JA anu lami di website nu nyayogikeun download huruf Sunda. naha sosialisasi perobihan ieu kantos dilaksanakeun secara off line ka sakola-sakola? ngalangkungan dines terkait, misalna?
hal ieu tangtos supados teu ngabingungkeun guru2 anu ngawulang di sakola-sakola.

hatur nuhun kana perhatosanana.

salam:
Adink

Muhammad Ist.
Guest
Muhammad Ist.

Terima kasih, Kang Ilham.
Saya kebetulan tertarik dengan aksara Sunda dan sudah lama saya pasang di komputer saya Windows 7. Revisi font SundaneseUnicode 2013 sangat membantu.
tapi saya masih ada masalah nih Kang:
1. Kenapa Aksara Sunda tidak mendukung di semua aplikasi?
2. Kenapa semua font selain SundaneseUnicode masih kurang pas, maksudnya kalau ada dua wirahma hasilnya malah bertumpuk, vokal paneleng juga malah di depan hurufnya…
3. Font yang pas kan SundaneseUnicode, tetapi saat di save jadi pdf, hasilnya malah berantakan. Selain itu, kalau dikasih efek semisal bayangan dan glow (MSword2010) hasilnya jadi berantakan juga.
Mohon bantuannya ya Kang.

yusup hidsyat
Guest
yusup hidsyat

dupi kangge dina android tos aya teuacan kang ?

Blue
Guest
Blue

kang punten bade tumaros , saya atos instal font sunda latin ka ms office , saya cobi nyerat kalimat ” KA ” di word naha bedanya kang hasil na sareng saya nyerat ” KA ” di konversi latin-sunda di situs kairaga.com .. upami di word nyerat “KA” janten KA (anu siga angka 77) sareng huruf A (siga angka 3) jadi 773 (KAA), upami di konversi di situs mah nyerat KA teh aksarana (77) ato contoh sanesna nyerat “BOGOH”, upami situs mah aksara sundana dieja teh BO – GOH (bo sareng ga anu ngangge panolong + pangwisad janten goh) tapi di… Read more »

destika
Guest
destika

Assalamualaikum.. Bade naros… Kalo untuk huruf e yg buat kata teh ato maneh… Di keyboard komputer gk ada e yg ada tanda coraknya… Terus gimana yah kang..?