Pemuda Jabar Dilatih Kaligrafi Aksara Sunda di Sukabumi

INILAH, Sukabumi – Sebanyak 40 pemuda dari Sukabumi, Cianjur, Cimahi dan Bandung mengikuti pelatihan Kaligrafi Aksara Sunda sebagai produk kreatif yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan yang pertama kali ini dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Kemitraan, Sumber Daya Manusia Kepariwisataan dan Kebudayaan di Hotel Anugrah, Jalan Suryakancana Kota Sukabumi, sejak Selasa (13/10/2015) hingga Jumat (16/10/2015).

“Kegiatan ini memang baru pertama kali dilaksanakan, dan sebagai salah satu sosialisasi kepada masyarakat, terutama para pemuda pelaku produksi kreatif,” kata Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat, Nunung Sobari kepada INILAH.

Menurut Nunung, para peserta akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan dari sejumlah nara sumber atau pemateri. Para peserta juga langsung mendapatkan praktik dalam keterampilan kaligrafi aksara Sunda dengan berbagai media.

“Keterampilan kaligrafi aksara Sunda ini bisa menjadi produk kerajinan tangan para pemuda dan ke depan dapat menjadi salah satu cendera mata bagi para wisatawan yang datang ke Jawa Barar,” ujar dia.

Nunung berharap ke depannya para peserta yang sudah mendapatkan pelatihan keterampilan kaligrafi aksara Sunda ini dapat menyebarkan ilmunya kepada pemuda lainnya.

“Peserta yang saat ini merupakan pionir, dan diharapkan ilmu keterampilannya bisa ditrasfer ke teman-teman lainnya dan dapat mengembangkan kaligrafi aksara Sunda,” harap Nunung.

Kepala BPK SDM KK Disparbud Provinsi Jabar, Rusyandi mengatakan, para peserta akan mendapatkan pengetahuan baik teori maupun praktik. Di antaranya akan mendapatkan pengetahuan dari para dosen di sejumlah perguruan tinggi.

“Materi yang disampaikan di antaranya pengantar seni rupa, pemberdayaan bahasa Sunda dalam produk kreatif, membaca dan menulis Bahasa Sunda hingga cara penulisan dan praktik kaligrafi aksara Sunda dengan media kertas, kanvas dan kaca,” kata Rusyandi. [hus]

 

Sumber: http://www.inilahkoran.com/video/jabar/48609/pemuda-jabar-dilatih-kaligrafi-aksara-sunda-di-sukabumi

Ikuti dan bagikan:
error0
Updated: 21 Juni 2018 — 16:28

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *