Menampilkan Aksara Sunda di Browser Mozilla Firefox

Kairaga.com — Dengan sistem pengkodean Unicode, Aksara Sunda dapat tampil dengan baik pada browser Firefox. Syarat utamanya yaitu komputer yang digunakan harus dipasang font aksara Sunda Unicode. Sedangkan untuk menampilkannya perlu dilakukan sedikit pengaturan pada bowser.

Beberapa halaman website saat ini telah menggunakan aksara Sunda, sehingga dapat ditelusuri melalui situs mesin pencari. Untuk contoh tutorial ini saya menggunakan situs Wikipedia Bahasa Sunda dengan halaman utama versi aksara Sunda. Berikut ini adalah tampilan halamannya, sebelum dilakukan pengaturan pada Firefox.

Seluruh karakter aksara Sunda hanya tampil sebagai kotak-kotak. Ini karena browser belum mengenali font aksara Sunda, sedangkan setiap blok karakter Unicode sudah dikenali. Maka perlu dilakukan pengaturan. Caranya, klik menu pengaturan pada browser Firefox, yaitu tanda dengan tiga garis di pojok kanan. Lalu klik icon ‘pengaturan’ atau ‘setting’

Setelah diklik, maka akan terbuka tab pengaturan. Pilih menu ‘Isi’ atau ‘content’, lalu pada Pilihan ‘Huruf & Warna’ (font & color), pilih ‘Huruf baku’ (default font) menjadi ‘Sundanese Unicode 2013’ dengan ukuran yang diinginkan. Lihat font Sundanese Unicode yang sudah diperbaiki. Juga dapat digunakan font Sunda varian apapun dengan sistem pengkodean karakter Unicode. Lihat alternatif font Sunda lainnya.

Setelah dilakukan pengaturan, maka seluruh website atau blog yang menggunakan aksara Sunda dapat tampil dengan baik. Di bawah ini adalah tampilan setelah menggunakan font Sunda.

Aksara Sunda dapat diketikkan pada halaman website manapun dengan menggunakan driver keyboard aksara Sunda. Dengan begitu, kita dapat mencari sebuah halaman yang menggunakan aksara Sunda dengan mengetikkannya pada situs mesin pencari.

Bisa juga digunakan untuk menulis status atau komentar pada situs media sosial.

menulis status di Twitter

membaca status Twitter

membaca, menulis posting dan berkomentara di Facebook.

Cara seperti ini juga dapat diterapkan pada Android. Intinya adalah memasang font yang memiliki pengkodean karakter khusus aksara Sunda (Sundanese). Untuk menampilkan aksara Sunda di Android, baik pada browser maupun aplikasi lainnya, lihat panduan pemasangan aksara Sunda di Android.

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2018
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com