Sedang Dikembangkan, Keyboard Aksara Sunda untuk iOS

keyboard ios1

Kairaga.com — Akhir Maret lalu (28/3/16) saya berkesempatan untuk bertemu dengan Norbert Lindenberg, seorang programer Jerman yang berminat untuk mengembangkan keyboard aksara Sunda pada iOS. Kami bertemu di Bandung, setelah sebelumnya berkorespondensi melalui email.

Saya sangat tertarik dengan upayanya untuk menyediakan keyboard aksara Sunda untuk iOS, karena dengan ketersediaan keyboard demikian, maka aksara Sunda dapat digunakan untuk berkirim pesan dari perangkat iOS ke iOS ataupun Android, juga ponsel apapun yang mendukung aksara Sunda.

keyboard ios2Keyboard yang dikembangkan oleh Norbert ini dapat dipasang pada iPhone maupun iPad. Tampilannya bersih dan rapi. Keyboard aksara Sunda untuk iOS ini dapat dilihat detailnya pada laman berikut:

http://lindenbergsoftware.com/en/keyboards/sundanese/

Keyboard ini menyediakan hampir seluruh karakter aksara Sunda berdasarkan standar Unicode, termasuk konsonan, vokal mandiri dan vokalisasi, rarangken, dan tanda baca. Tetapi tidak menyediakan karakter Unicode yang dibutuhkan untuk membuat pasangan, yaitu bentuk gabung dari konsonan.

Aksara Sunda tidak didukung oleh font iOS manapun. Maka untuk keperluan itu disediakan sebuah font bernama “Bandung” di dalam aplikasi Font dan Keyboard Aksara Sunda, yang dapat dipasang bersama aplikasi.  Font Bandung adalah versi yang dipoles dari Noto Sans Sundanese keluaran Google, dengan Lisensi Apache 2.0.

Sebagian besar aplikasi di iOS akan berjalan dengan font ini ketika dipasangkan, termasuk Safari, Messages, Mail, Notability, Pages, dan masih banyak lagi. Salah satu pengecualian adalah Microsoft Word, yang memakai font dan kemampuan menampilkan font tersendiri.

Masih dikembangkan

Pertemuan Norbert dengan saya adalah untuk membahas beberapa hal teknis pengetikan aksara Sunda. Di antaranya tentang urutan logika pengetikan dengan hasil aksara yang tampil pada layar dan layout untuk menampilkan karakter-karakter tertentu pada keyboard.

Rancangan keyboard aksara Sunda yang telah dibuat versi awal ini masih memiliki beberapa kekurangan kecil. Kekurangan-kekurangan yang telah ditemukan saat diskusi itu kemudian akan digunakan untuk perbaikan pada versi selanjutnya. Menurutnya, perbaikan baru akan selesai pada akhir bulan April ini.

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2018 Frontier Theme