Font Aksara Sunda: Pajajaran.ttf

Sumber: Suryani, Elis. 2011. Ragam Pesona Budaya Sunda. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Kairaga.comFont Pajajaran terinspirasi dari bentuk aksara Sunda yang digunakan pada buku Ragam Pesona Budaya Sunda yang disusun oleh Elis Suryani NS. Bentuknya agak berbeda dari font Sundanese Unicode, tetapi tetap merujuk pada rancangan aksara Sunda baku.

Font ini masih menggunakan kode blok karakter Unicode Latin, sehingga tidak akan tampil dengan baik pada aplikasi yang memerlukan blok karakter Unicode aksara Sunda. Tetapi tetap tampil dengan baik pada word processor. Karena tidak menggunakan blok Unicode aksara Sunda, maka tidak diperlukan driver keyboard aksara Sunda. Layout yang digunakan pada keyboard sesuai dengan standar pada aksara Sunda Unicode, sehingga memudahkan dalam menginput aksara.

Contoh penggunaan font Pajajaran.ttf

Kekurangan:

  • Rarangkén ganda masih bertumpuk (khususnya yang di bawah konsonan).
  • Panéléng harus diketik sebelum konsonan, karena tidak menggunakan perpindahan otomatis berdasarkan urutan logika pengetikan.
  • Hanya dapat digunakan pada komputer

Rarangken bertumpuk.

Font Pajajaran dibagikan secara gratis. Silakan unduh tautan berikut ini: Pajajaran.ttf

Contoh penggunaan font Pajajaran dapat dilihat pada video berikut ini:

Semoga font Pajajaran menambah keragaman jenis font aksara Sunda saat ini. Bila ada kritik atau masukan, silakan tulis melalui kolom komentar atau kirim melalui surel info@kairaga.com. [INS].

 

Ikuti dan bagikan:
error0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *