Aksara Sunda

Kairaga.com — Buku berjudul Aksara Sunda ini disusun oleh Tedi permadi, Edi S. Ekadjati, Undang A. Darsa dan Idin Baidillah, terbit oleh Penerbit Yayasan Galura pertama kali tahun 1999, dengan cetakan ketiga pada tahun 2000.

Di dalamnya terdapat penjelasan mendasar mengapa aksara Sunda perlu distandardisasi dan dibakukan. Wujud aksara Sunda baku dengan berpatokan pada aksara Sunda kuna dijelaskan dengan cara penulisan garis setiap aksara, penggunaan rarangken dan vokalisasi, serta penerapannya pada kalimat. Selain itu, disajikan pula lembar-lembar latihan untuk menulis Aksara Sunda baku

Aksara Sunda baku yang terdapat di dalam buku ini ditulis secara manual dengan tangan. Pada tahun 2005 karakter aksara Sunda baku ini kemudian dibuat Font Ngalagena, sebagai rintisan untuk pengajuan kepada konsorsium Unicode.

Untuk informasi lebih lengkap tentang buku Aksara Sunda, Anda dapat menghubungi Penerbit Yayasan Galura yang beralamat di Jalan Belakang Faktory 2 Bandung, Indonesia 40111, Telp. (022) 4203502.

Ikuti dan bagikan:
error0

2 Comments

Add a Comment
  1. Selamat Siang,

    bagaimana cara untuk memesan buku ini?

    Haturnuhun

    1. Silakan hubungi langsung Penerbit Yayasan Galura melalui telepon (022) 4203502.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *