Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 5A – Jawa Barat: Koleksi Lima Lembaga

Penyusun : Edi S. Ekadjati & Undang A. Darsa
Penyunting : Oman Faturahman
Penerbit : Yayasan Obor Indonesia – Ecole Francaise D’Extreme-Oriente
Tahun terbit : 1999
Jml. Hlm. : 858
ISBN : 979-461-331-2

Kairaga.com — Katalog naskah yang disusun oleh Edi S. Ekadjati dan Undang A. Darsa, serta disunting oleh Oman Faturahman ini merupakan jilid kelima dari enam jilid seri Katalog Induk Naskah-Naskah Nusantara yang diterbitkan tahun 1999 oleh Yayasan Obor Indonesia, bekerja sama dengan Ecole Francaise D’Extreme-Oriente (EFEO). Di dalamnya termuat sebanyak 1.012 data naskah dari koleksi lima lembaga di Jawa Barat, yaitu Museum Negeri Propinsi Jawa Barat “Sri Baduga” Bandung, Museum Pangeran Geusan Ulun Sumedang, Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Kacirebonan Cirebon, dan EFEO Bandung.

Naskah-naskah dikelompokkan berdasarkan isi teksnya ke dalam enam kelompok, yaitu naskah sejarah (Sj) mencakup naskah-naskah dalam kategori sejarah Jawa Barat, sejarah Jawa (Tengah dan Timur), dan Mitologi 233 naskah, naskah Islam (I) mencakup naskah-naskah Al-Quran, Cerita Islam, Fikih, Tasawuf, Manakib, Tauhid, Adab, dan Doa 546 naskah, naskah sastra (Sa) 122 naskah, adat istiadat (A) 15 naskah , Primbon dan Mujarobat (P) 66 naskah, dan naskah Lain-lain (LL) sebanyak 30 naskah.

Dalam pengelompokan naskah di atas, tampak bahwa kategori Sejarah dibagi lagi menjadi tiga kategori: Sejarah Jawa Barat, Sejarah Jawa, dan Mitologi. Sedangkan kategori Islam, karena beragamnya isi teks, dan untuk memudahkan pembaca, harus dibagi pula menjadi beberapa kategori tersendiri. Pengelompokan naskah-naskah ke dalam sebuah kategori dilakukan dengan relatif longgar, mengingat adakalanya sebuah naskah tidak dapat dimasukkan secara tepat ke dalam sebuah kategori yang ada, sedangkan untuk dibuat kategori sendiri pun tidak mungkin, atau adakalanya sebuah naskah terdiri atas lebih dari satu teks, oleh karenanya dapat dimasukkan ke dalam beberapa kategori sekaligus, sehingga dipilih kategori dati teks yang dianggap paling penting atau paling khas. Mengenai naskah yang datanya belum lengkap sehingga tidak diketahui isinya, dalam katalog ini dimasukkan dalam kategori Lain-lain.

Untuk membatu para peneliti dalam mencari naskah yang diperlukan, dan untuk memberikan gambaran tentang keberadaan naskah dalam masing-masing koleksi, serta untuk memudahkan mencari mikrofilm naskah dimaksud, dalam katalog ini dilampirkan tiga buah indeks, yaitu: indeks judul, indeks koleksi, dan indeks mikrofilm.

Bila memerlukan informasi lebih dalam mengenai katalog ini atau berminat mendapatkannya, Anda bisa menghubungi Yayasan Obor Indonesia. Alamat: Jl. Plaju No. 10 Jakarta 10230, Telp. (021) 324488 & 326978, Fax. (021) 3224488, email: obor@ub.net.id.

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com