Jurus Praktis Baca-Tulis Aksara Sunda Baku “Kaganga”

Kairaga.com – Jurus Praktis Baca-Tulis Aksara Sunda Baku “Kaganga” ditulis oleh Mulyanto, S.Pd., pegiat aksara Sunda yang pernah mengikuti Kelas Aksara Sunda di Bandung. Buku ini merupakan intisari dari pelajaran baca-tulis aksara Sunda yang pernah dipelajari olehnya. Pertama kali diterbitkan oleh penerbit Kiblat Buku Utama tahun 2012, kini buku ini telah dicetak untuk kedua kali pada tahun 2017.

Buku ini menambah pilihan bagi Anda yang memerlukan referensi dan panduan untuk mempelajari aksara Sunda baku. Font aksara Sunda yang digunakan adalah Sundanese Unicode, namun masih menggunakan versi awal sehingga masih terdapat kesalahan dalam bentuk aksara “JA” (lihat font Sundanese Unicode versi terbaru).

Isinya terdiri atas empat bab, yaitu:
Bab 1
Sejarah Singkat Aksara Sunda
Tipologi Aksara Sunda
Tujuan Standarisasi Aksara Sunda
Maksud dan Tujuan Penulisan Buku

Bab 2
Aksara Sunda Baku
Aksara Swara/Vokal
Aksara Ngalagena/Konsonan daru Bunyi Bahasa Sunda
Aksara Ngalagena/Konsonan dari Bunyi Serapan
Rarangkén
Angka
Tanda Baca

Bab 3
Latihan Menulis Aksara Sunda Baku
Latihan Baca-Tulis Aksara Sunda Baku

Bab 4
1. Cerita Rakyat Jabar (Hikayat Ciuang Wanara)
2. Cerita Rayat Jabar (Pareubu [Prabu] Surawisesa)
3. Puisi “Purnama Sunyi”

Lampiran

Seperti yang tertuang dalam penjelasan dari penulis, penyusunan buku ini bertujuan untuk ikut serta dalam program pemasyarakatan kembali aksara Sunda, setidaknya berusaha menyebarkan dan mengoptimalkan aksara Sunda baku kepada masyarakat luas.

Buku Jurus Praktis Baca-Tulis Aksara Sunda Baku “Kaganga” disusun secara sederhana dan singkat agar dengan mudah dipelajari dan dipahami oleh setiap tingkat usia pembacanya. Contoh-contoh diberikan secara singkat dan jelas dengan bahasa Sunda, Indonesia dan Inggris.

Untuk bahasa Sunda dan Indonesia, tidak ditemukan permasalahan. Namun demikian, penulisan aksara Sunda untuk bahasa Inggris tampaknya perlu diperbaiki, karena masih menggunakan sistem silabis, sehingga pembacaan aksara Sunda menjadi sulit, atau menyalahi kaidah bunyi dasar aksara Sunda. Hal ini dikarenakan sistem penulisan aksara Sunda yang berbeda dengan aksara Latin, terutama untuk menulis bahasa Inggris.

Buku ini baik digunakan untuk pemula yang ingin belajar membaca dan menulis aksara Sunda. Untuk mendapatkannya, anda bisa menghubungi penerbit Kiblat Buku Utama di Jl. Gumuruh No. 48 Bandung (Tlp. 022-7330595), atau bisa juga melalui toko Kairaga.com (lihat katalog produk).

Tinggalkan Komentar

Ikuti dan bagikan:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com