Naskah Kuno Koleksi Perpustakaan Ajip Rosidi

Salah satu koleksi naskah beraksara Pegon di Perpustakaan Ajip Rosidi (foto: Ilham N.)
Salah satu koleksi naskah beraksara Pegon di Perpustakaan Ajip Rosidi (foto: Perpus AR)

Kairaga.com – Perpustakaan Ajip Rosidi memiliki belasan naskah Sunda dan Jawa Kuno. Koleksi naskah kuno ini disimpan di ruang khusus dan dapat diakses oleh umum dengan bantuan staf perpustakaan. Isi dari naskah-naskah tersebut antara lain wawacan (puisi naratif), babad, dan uraian. Tulisan yang digunakan antara lain aksara Jawa, Pegon dan Arab. Beberapa Salinan naskah menggunakan aksara Latin. Bahan naskah antara lain daluang (kertas tradisional), kertas eropa, dan kertas cina. Di perpustakaan ini juga tersimpan dua buah mushaf Al-Quran kuno yang ditulis tangan pada bahan kertas daluang.Naskah-naskah tersebut di antaranya ada yang sudah berusia lebih dari 200 tahun. Naskah dalam kondisi cukup terawat dan disimpan pada kotak khusus.

Di samping naskah-naskah kuno, terdapat pula Salinan naskah berupa kopi foto, mikrofilm, dan film negatif. Satu buah salinan baru dari naskah lontar Carita Parahiyangan beraksara Sunda kuno juga menjadi koleksi Perpustakaan Ajip Rosidi. Salinan naskah lontar tersebut merupakan hibah dari Ilham Nurwansah –admin  situs Kairaga.com– sebagai bukti eksistensi keberlanjutan tradisi penulisan naskah lontar Sunda. Ilham juga menjadi kurator naskah kuno di perpustakaan ini.

Perpustakaan Ajip Rosidi selain menyimpan naskah kuno juga memiliki lebih dari 40.000 koleksi berupa buku, makalah, laporan penelitian, majalah, piringan hitam, peta, tesis, skripsi, disertasi dan arsip yang dapat diakses secara umum. Tetapi pengunjung hanya dapat membaca koleksi di tempat karena koleksinya tidak dapat dipinjamkan keluar perpustakaan. Bagi Anda yang sedang mencari referensi kesejarahan dan budaya Sunda wajib untuk mengunjungi perpustakaan ini.

Transliterasi dan terjemahan naskah-naskah Wangsakerta (foto: Ilham N.)
Transliterasi dan terjemahan naskah-naskah Wangsakerta (foto: Ilham N.)
Hasil penelitian naskah-naskah Sunda kuno (foto: Ilham N.)

Jadwal Layanan Perpustakaan Ajip Rosidi

Buka

  • Senin-Jumat : Jam 09.00- 17.00 WIB
  • Sabtu : Jam 10.00-16.00 WIB
  • Istirahat: Jam 11.30-13.00 WIB

Tutup: Minggu & Hari Libur

Alamat: Jl. Garut No. 2, Kacapiring, Kota Bandung, Jawa Barat.

Ruang baca perpustakaan terletak di lantai 2. Untuk dapat mengakses koleksinya Anda tidak dipungut bayaran alias gratis. Tinggal datang saja ke alamat tersebut dan menjumpai staf yang siap membantu.  

Ikuti dan bagikan:
error0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *