Silsilah Sajarah Bandung

Kode Naskah: Sjl
Kode Proyek: KPKU/-
Judul Naskah: Silsilah Sajarah Bandung
Bahasa: Sunda
Aksara: Latin
Bentuk: Diagram: Silsilah
No. rol: 01.04
Jumlah Halaman: 58
Bahan Naskah: Kertas
Judul: Luar teks: Sajarah Bandung (h.1)
Ukuran: hlm: 43 x 33,5 cm, tulisan: 43 x 33,5 cm.
Jilid: 1 dari 1; jenis alas naskah: kertas bergaris buatan dalam negeri.
Hlm. Yg ditulis: 58
Penomoran hlm.: ditambahkan kemudian, yaitu 1-29; tiap nomor merujuk pada 2 hlm.
Tinta: warna biru.
Keadaan fisik: warna kertas agak kekuning-kuningan, tapi mumumnya masih baik.
Salinan: tahun: 1960; tempat: Bandung.

Teks ini berupa diagram silsilah nama-nama orang, yang ditulis penuh pada setiap halaman folio, mulai dari Prabu Siliwangi, Raja Pakuan dan istrinya, Ratu Subangkarancang, sampai tujuh turunannya. Dari keturunan keempat dan ketujuh mulai berkembang silsilah. Pada tanggal 3 Juli 1963, silsilah ini diperiksa kembali untuk kedua kalinya oleh Tisna Sumantri (catatan dalam lembar kedua).

Di balik lembar keempat, terdapat catatan tentang Raden Demang Naranata; pada lembar ketujuh tentang Raden adipati Wiranata Kusumah III (Dalem Karanganyar II); pada lembar kedelapan tentang Raden Aria Wirawangsa IV (Dalem Bandung); pada lembar kelima belas tercatat: punika sajarah tedakna menak batulayang (Gadjah); pada lembar ketujuh belas tercatat; punika sajarah tedakna Raden Tumpangnagara Cimahi; pada lembar kesembilan belas tercatat: Punika sajarah tedakna Nyi Raden Siti Hlaimah (karyah), Raden Wiradjibdja; dan pada lembar kedua puluh tercatat: punika sajarah tedakna menak Raden Wiratmaka, Nyi Raden Mojang, Raden Wangsayuda, Nyi Raden Samsi lan Raden Suradipura (Raden Muhammad Husen).

Sumber:
Ekadjati & Darsa. 1999. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 5: Jawa Barat Koleksi Lima Lembaga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Halaman 15-16.

Ikuti dan bagikan:
error0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *