Perpusnas RI Luncurkan 150 Judul Buku Berbasis Naskah Kuno Nusantara

Perwakilan penulis buku yang diterbitkan dalam proses serah-terima karya kepada Perpusnas RI. (dok. Kairaga.com, CC-0)

Kairaga.com, Jakarta – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia secara resmi meluncurkan  sebanyak 150 judul buku yang bersumber dari naskah-naskah kuno Nusantara berbasis kompetisi. Kegiatan diselenggarakan di Ruang Teater Perpustakaan Nasional, Jl. Salemba Raya, Jakarta (2/12/2019). Buku-buku yang diluncurkan terdiri dari 65 judul hasil alih aksara, 35 alih bahasa, 20 saduran, dan 30 kajian naskah Nusantara.

Dalam sambutan Munawar Holil, ketua Manassa menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya sinergi antara Perpusnas RI dengan Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa), untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian filologi yang selama ini kebanyakan hanya sampai pada rak-rak perpustakaan kampus tanpa dikembangkan dan dimanfaatkan secara lebih luas.

Buku yang diterbitkan merupakan hasil seleksi dari 227 judul yang masuk. Banyaknya karya yang ikut serta dalam kompetisi penulisan buku berbasis naskah Nusantara ini menunjukkan antusias masyarakat yang tinggi. Bukan hanya dari kalangan peneliti naskah, tetapi juga masyarakat dari lintas bidang, antara lain para sastrawan yang membuat saduran atas naskah-naskah Nusantara yang telah tersedia alih aksaranya.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh kepala Perpusnas, Syarif Bando, yang kemudan secara simbolis menerima buku dari perwakilan penulis untuk setiap jenis buku yang diterbitkan. Setelah peluncuran buku, dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dengan narasumber tim juri penilai buku dan para pakar naskah kuno Nusantara, antara lain Prof. Titik Pudjiastuti (Universitas Indonesia), Titiek Kismiyati (Pustakawan Utama Perpusnas RI), Dewaki Kramadibrata (UI), dan Priscila Fitriasih Limbon (pakar naskah Ternate & Manassa). Selain itu 10 orang perwakilan para penulis dari semua bidang turut berbagi pengalaman dalam proses pengerjaan buku yang diterbitkan ini.

Buku-buku yang diterbitkan dalam program ini akan tersedia secara gratis untuk masyarakat luas. Buku dapat diperoleh langsung di Layanan Koleksi Naskah Nusantara Lantai 9, gedung Perpustakaan Nasional RI, Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat.

Ikuti dan bagikan:
error0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *