Ngariksa #11: Kerajaan di Tatar Sunda dalam Manuskrip Kuno Nusantara

“Sunda Empire” bikin gégér. Keyakinan sebagian masyarakat atas kebenaran sejarah tetiba goyah, begitu mudah. Padahal, untuk menjadi Indonesia, bangsa ini telah melalui sejarah peradaban panjang berabad-abad.

Zaman silih berganti, mulai dari masa Hindu Budha, masa Islam, masa penjajahan, hingga merdeka. Kita sesungguhnya tak pernah berdiri tanpa jati diri. Masalahnya, sumber primer sejarah bangsa yang menjelaskan dengan gamblang ihwal siapa kita, kini semakin terlupakan, bahkan seringkali ada narasi dari para petinggi negeri bahwa untuk maju kita tak perlu melirik masa lalu.

Apakah “Sunda Empire” dan yang sejenisnya punya pijakan sejarah yang mengakar? Apakah Kerajaan Sunda Pajajaran sesungguhnya memang berkelanjutan?

Dalam Ngariksa Episode 11, Ngaji Manuskrip Kuno Nusantara membincang Kerajaan di Tatar Sunda dalam Manuskrip Kuno, bersama Kang Oman, dengan menghadirkan Filolog muda, pengkaji manuskrip Sunda Kuno, Kang Ilham Nurhamsah, Jumat 31 Januari 2020 pukul 20.00 WIB _Live Streaming_ di FB Oman Fathurahman, Twitter @ofathurahman, dan IG @ofathurahman.

Salam Ngariksa!

Ikuti dan bagikan:

Penulis

Ilham Nurwansah

Admin Kairaga.com. Pengkaji naskah Sunda kuno dan aspek-aspek yang mendukungnya, juga membahas subjek yang lebih luas tentang budaya Sunda. Beberapa tulisannya dimuat di surat kabar Pikiran Rakyat, majalah Mangle, Pasundan, dan Cupumanik. Ilham sering diundang sebagai pemateri seminar maupun workshop tentang naskah dan aksara Sunda. Di samping itu beberapa kali menjadi juri dalam lomba membaca dan menulis aksara Sunda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of