Aér Mawar

Dalam kamus bahasa Sunda Satjadibrata kata érmawar artinya ‘bunga ros putih’, sedangkan menurut Jonathan Rigg dalam a Dictionary of Sundanese Language of Java, terdapat kata ayěr mawar yang berarti ‘Rose-water-Properly Malay‘, dalam léma lain dijelaskan lebih lengkap ‘Ayěr mawar, Rose water. The word Ayěr is not Sunda, but Malay, and shows whence the designation has come‘. Menurutnya kata tersebut mendapatkan pengaruh dari bahasa Melayu.

°aeṙ mawaṙ

Nama bunga jenis ini tercatat dalam beberapa naskah lontar Sunda kuna, yang ditulis sekitar abad ke-15 hingga ke-16. Cuplikan gambar di atas berasal dari kropak 17 koleksi Kabuyutan Ciburuy, Garut hasil digitalisasi proyek EAP British Library.

Ikuti dan bagikan:
0 0 vote
Article Rating

Penulis

Ilham Nurwansah

Admin Kairaga.com. Pengkaji naskah Sunda kuno dan aspek-aspek yang mendukungnya, juga membahas subjek yang lebih luas tentang budaya Sunda. Beberapa tulisannya dimuat di surat kabar Pikiran Rakyat, majalah Mangle, Pasundan, dan Cupumanik. Ilham sering diundang sebagai pemateri seminar maupun workshop tentang naskah dan aksara Sunda. Di samping itu beberapa kali menjadi juri dalam lomba membaca dan menulis aksara Sunda.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments