“Kropak” Naskah Sunda Kuna

Oleh Ilham Nurwansah

Aspék kodikologi dari naskah Sunda kuno mungkin belum begitu menjadi perhatian sebagai objék kajian. Padahal, jika ditelisik lebih dekat, banyak sekali yang dapat digali.

Gambar-gambar berikut ini adalah kotak kayu yang sering disebut “kropak” atau “koropak” dalam bahasa Sunda dari naskah “Serat Séwaka” (judul berdasarkan katalog naskah Perpusnas, 1998) dengan kode 16 L 633, koleksi Perpusnas RI.

Kotak kayu kropak utuh

Desain dan métode pembuatannya mungkin dengan cara dipahat tanpa sambungan, apalagi paku. Mungkin juga dengan cara diraut, menggunakan peralatan tangan sederhana. Tampaknya setiap kropak terbuat dari sebongkah balok kayu utuh. Dipasangkan secara tepat satu sama lain, dan bagian luarnya dilapisi semacam plitur berwarna kemerahan.

Kotak kayu (kropak) utuh terdiri dari bagian alas kotak dan penutup, tali pengikat dan kancing bandul logam. Di dalamnya terdapat bundelan naskah lontar atau gebang.

Struktur & desain kropak

Bagian dalam kotak kayu tidak dilapisi pewarna, tetapi dibiarkan alami. Tampak kerusakan di bagian tepiannya. Kerusakan ini justru memperlihatkan konstruksi tanpa sambungan. Artinya, sangat mungkin awalnya dipahat atau diraut dengan ketelitian tinggi dari sebongkah kayu utuh.

Bagian dalam kropak

Kotak seperti ini banyak digunakan untuk naskah-naskah lontar dan gebang Sunda kuno yang tersimpan di Perpusnas RI dan Kabuyutan Ciburuy. Naskah Bujangga Manik di Bodleian Library yang sedang digarap ulang oleh Alex West, juga menggunakan kotak kayu modél ini.

Ikuti dan bagikan:

Penulis

Ilham Nurwansah

Admin Kairaga.com. Pengkaji naskah Sunda kuno dan aspek-aspek yang mendukungnya, juga membahas subjek yang lebih luas tentang budaya Sunda. Beberapa tulisannya dimuat di surat kabar Pikiran Rakyat, majalah Mangle, Pasundan, dan Cupumanik. Ilham sering diundang sebagai pemateri seminar maupun workshop tentang naskah dan aksara Sunda. Di samping itu beberapa kali menjadi juri dalam lomba membaca dan menulis aksara Sunda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of