Asuransi All Risk Atau Total Loss Risk? Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

Apakah baru saja Anda membeli mobil baru? Biasanya saat membeli mobil Anda akan ditawari jenis asuransi mobil baik itu total loss only atau all risk, lalu sebaiknya mana jenis asuransi mobil yang cocok untuk dipilih?

Anda bisa memilih salah satu jenis asuransi tersebut asalkan sudah tahu perbedaan di antara keduanya. Sudah pasti ada perbedaan sesuai nama dari asuransi tersebut.

Sebelum cek web ini lifepal.co.id/media/apa-itu-asuransi-tlo/, coba baca dulu ulasan singkat dalam artikel berikut ini.

Selain itu, jangan lupa untuk mencari informasi tiap jasa asuransi mobil all risk di duitpintar agar Anda mendapatkan layanan optimal.

Asuransi All Risk

Sebelum memilih jenis asuransi untuk kendaraan baru Anda penting untuk memahami masing-masing asuransi tersebut, karena tiap jenis asuransi tentunya memiliki perbedaan dan keunggulannya sendiri, seperti halnya dengan jenis asuransi all risk yang juga cukup banyak dipilih oleh para pemilik kendaraan.

Apa yang dimaksud dengan asuransi all risk? Mungkin masih ada sebagian dari Anda yang belum begitu paham tentang jenis asuransi yang satu ini, asuransi All Risk atau sering juga disebut asuransi comprehensive akan menanggung segala jenis klaim kerusakan mobil, tidak hanya kerusakan kecil saja tapi asuransi juga membayar klaim kerusakan berat termasuk saat mobil hilang.

Dengan menanggung semua kerusakan maka tidak heran jika biaya premi yang dibayarkan cukup besar, meski preminya cukup besar namun setara dengan perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi, ada beragam jasa asuransi yang bisa Anda pilih yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan, lantas apakah ada beda antara all risk dan TLO atau Total Loss Only?

Asuransi Total Loss Only

Setelah mengenal tentang asuransi all risk saatnya Anda mengetahui bedanya dengan asuransi total loss only, sesuai dengan namanya asuransi yang satu ini hanya membayar klaim jika kehilangan total akibat pencurian atau perampasan, atau klaim asuransi baru bisa diajukan jika mobil mengalami kerusakan 75%, jadi apakah ketika kerusakan kurang dari 75% tidak bisa mengajukan klaim?

Benar sekali saat kerusakan mobil tidak mencapai ketentuan tersebut maka Anda tidak bisa mengajukan klaim atau ganti rugi, angka tersebut diambil sebagai patokan bahwa mobil tidak bisa digunakan kembali, lantas adakah keuntungan yang didapat jika memilih jenis asuransi TLO?

Meskipun tidak bisa menanggung seluruh kerusakan tapi ada keuntungan yang bisa didapatkan dari asuransi TLO, berbeda dengan biaya premi asuransi all risk yang cenderung lebih tinggi premi asuransi TLO tentunya lebih rendah, namun dari biaya premi rendah tersebut pemilik mobil harus bertanggung jawab sendiri saat terjadi kerusakan di bawah angka 75%, selain itu pemilik mobil yang memilih asuransi TLO akan memperoleh layanan derek dan juga autocillin mobile claim.

Alasan Mempunyai Asuransi Kendaraan

Tidak sedikit orang yang masih banyak pertimbangan untuk memiliki asuransi kendaraan, padahal penting sekali memiliki asuransi kendaraan sebagai salah satu bentuk perlindungan aset pribadi, memberikan perlindungan kendaraan dengan asuransi bisa membantu Anda dalam menjaga kondisi keuangan, karena Anda tidak akan pernah tahu kapan ada pengeluaran tidak terduga, berikut alasan pentingnya mempunyai asuransi kendaraan.

Selama memiliki asuransi Anda akan lebih tenang dalam berkendara, pada saat berkendara Anda tidak pernah tahu situasi seperti apa yang akan terjadi di jalanan, kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan oleh sebab itu dibutuhkan peran asuransi, Anda tidak akan pusing memikirkan biaya perbaikan mobil apalagi Anda yang menggunakan asuransi All Risk.

Dengan memiliki asuransi Anda bisa lebih menghemat waktu saat terjadi kerusakan kendaraan, Anda tidak perlu lagi mengurus seorang diri, cukup menghubungi pihak jasa asuransi maka mereka akan membantu Anda menyelesaikan permasalahan, jasa asuransi akan membantu menemukan bengkel yang terpercaya dan membantu mengurus klaim, sudah jelas dengan adanya asuransi Anda akan mampu menghemat waktu.

Dari informasi di atas mana yang sekiranya akan Anda pilih? Mana saja jenis asuransi yang dipilih pastikan sudah sesuai dengan kemampuan Anda, jangan sampai Anda memilih asuransi mobil yang justru membebani masalah finansial, sebelum memilih asuransi Anda bisa membuat simulasi perhitungan premi antara kedua jenis asuransi tersebut untuk mendapatkan gambaran jelas,

Updated: 3 Juli 2022 — 11:38

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.