Kabuyutan

Kabuyutan merupakan hal, benda, atau tempat yang dianggap sakral atau suci. Salah satu peninggalan bersejarah berupa kabuyutan dari masa lalu yaitu situs Kabuyutan Ciburuy di kaki Gunung Cikuray, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut Jawa Barat. Di dalam situs ini terdapat beberapa bangunan kuno dengan struktur kayu dan bambu yang telah berdiri selama ratusan tahun (juga telah mengalami beberapa kali renovasi).

Bangunan utama “Padaleman” Situs Kabuyutan Ciburuy (dok. Ilham Nurwansah, cc-by-sa)

Bangunan inti dari situs ini disebut “Padaleman”, yaitu sebuah bangunan panggung persegi panjang. Di dalamnya hanya ada dua ruangan, yaitu ruangan kecil di dekat pintu masuk, dan setelah menaiki beberapa anak tangga di bagian dalam terdapat ruangan yang lebih besar. Di salah satu sudut ruangan terdapat rak yang menyangga tiga buah peti dan beberapa perlengkapan.

Peti-peti kuno ini berisi naskah-naskah berbahasa Sunda Kuna dan Jawa Kuna yang diperkirakan berasal dari sekitar abad ke-15 hingga ke-18 (awal). Alas tulis yang digunakan yaitu lontar dan gebang, dengan aksara Sunda Kuna dan Buda/Gunung (Jawa Kuna kuadrat barat).

Peti-peti berisi naskah kuna dari abad ke-15—18 M (dok. Ilham Nurwansah, cc-by-sa)

Seluruh naskah dalam koleksi Kabuyutan Ciburuy telah dialihmediakan secara digital melalui proyek Endangered Archive Programme, British Library dan dapat diakses secara bebas melalui laman https://eap.bl.uk/project/EAP280

Updated: 30 Maret 2020 — 22:33