Keyboard

Selamat datang di halaman proyek pengembangan dan sosialisasi keyboard aksara Nusantara Kairaga.com! Halaman ini tersedia untuk mendukung distribusi penggunaan aplikasi keyboard dan font aksara Sunda pada komputer maupun gawai (gadget). Silakan pilih jenis perangkat yang akan dipasang keyboard aksara Sunda.

💻 Windows

Keyboard yang Tersedia

Keyboard untuk prangkat PC/laptop ini dikembangkan oleh Kairaga.com untuk mendukung sistem operasi Windows, MacOS, maupun Linux melalui Aplikasi Keyman Desktop.  

💻 OS X

Untuk mengetik aksara Sunda di MacOS, diperlukan keyboard tambahan dari Keyman. Font aksara Sunda (Noto Sans Sundanese versi 2.0) telah tersedia di MacOS Catalina, beserta aksara Nusantara lainnya yang telah terdaftar di Unicode. Anda dapat melihat daftarnya di sini.

Jika Anda memerlukan font aksara Sunda berbasis Unicode lainnya, Anda dapat mengunduh berbagai font alternatif dari situs penyedia font Sunda. Silakan ikuti langkah-langkah pemasangannya berikut ini:

💻 Linux

Untuk memasang keyboard dan font aksara Sunda di Linux ada beberapa cara. Tergantung distro apa yang anda gunakan sekarang. Panduan ini disusun pada Ubuntu, tetapi bisa juga digunakan untuk distro Linux lain turunan Ubuntu seperti Linux Mint, Elementary OS, Zorin OS, POP! OS, Lubuntu, Kubuntu dan sebagainya. Untuk pemasangan pada distro Linux lain, bisa menyesuaikan perintah dasar di terminal dan lokasi penyimpanan foldernya.

📱 Android

Untuk bisa mengetik aksara Sunda pada sistem Android, pada dasarnya sama dengan cara pemasangan pada komputer. Ada dua hal mendasar yang perlu dipasang, yaitu 1) font dan 2) driver. Pemasangannya ada yang mudah ada juga yang lebih rumit dalam hal kustomisasi.

Beberapa aplikasi telah dikembangkan dan tersedia di Playstore. Pilihan tergantung pada pengguna. Font yang mendukung aksara Sunda dan aksara Latin diperlukan agar kedua jenis aksara ini dapat digunakan secara berdampingan dalam sistem operasi. Untuk keperluan itu, kawan-kawan komunitas aksara Sunda dengan sukarela membuat font. Berikut ini langkah-langkah cara pemasangan aksara Sunda pada Android.

📱 iOS

iOS dapat dipasang keyboard untuk mengetik aksara Sunda. Tim pengembang Kairaga.com mengupayakan keyboard alternatif melalui Keyman. Keyboard ini dikembangkan secara swadaya dan disediakan secara gratis untuk para pengguna aksara Sunda. Silakan ikuti pandian pemasangan berikut ini:

Updated: 12 Juli 2021 — 12:18