5 Situs Populer Font Aksara Sunda

Hey, kawan! Apa kamu sudah punya font aksara Sunda terbaru? Saat ini ada beberapa situs web dan blog yang menyediakan bermacam-macam font aksara Sunda. Gaya-gaya yang dibuat menarik dan bisa digunakan untuk mengetik atau membuat desain yang asyik. Kami telah menghimpun 5 situs populer untuk mengunduh font-font aksara Sunda. Dan yang terpenting, gratis. Apa saja? Yuk simak!

1. Kairaga.com

Kairaga.com adalah pelopor penyedia font aksara Sunda dalam berbagai gaya. Dirintis sejak 2010, hingga kini masih tetap mengembangkan dan menyediakan font-font aksara Sunda baku dan kuno. Tidak hanya font yang dibuat oleh tim Kairaga.com, web ini juga menyediakan font-font karya tipografer aksara Sunda lainnya, seperti Ki Basajan, M. Iqbal Firdaus, tim Prada dll. Kamu juga bisa mengirimkan font karya sendiri untuk ditampilkan di web ini. Selain itu, web ini menyedikan juga driver keyboard aksara Sunda baku berbasis Unicode.

Link: https://kairaga.com/font-sunda

2. Aksara di Nusantara

Aksara di Nusantara adalah portal repositori font berbagai aksara di Nusantara. Hingga kini, ada 17 jenis aksara daerah Nusantara yang tersedia di situs web ini. Tak terkecuali aksara Sunda. Di samping bisa mengunduh, kamu juga bisa mengunggah font karya sendiri dengan mendaftar akun. Selain itu, di website ini kamu bisa menemukan daftar para pegiat aksara Nusantara yang telah berpartisipasi.  

Link: https://aksaradinusantara.com/fonta/aksara/sunda

3. Wanda Anyar Aksara Sunda

Wanda Anyar Aksara Sunda adalah blog yang dikelola oleh Wates Awal. Di dalamnya tersedia beragam font aksara Sunda baku yang bisa diunduh langsung. Yang menarik, blog ini menyediakan desain stiker layout keyboard aksara Sunda. Kamu bisa mencetak (print) layout yang tersedia di atas kertas stiker, setelah dipotong sesuai ukuran, lalu bisa dipasang pada keyboard laptop atau komputer.  

Link: http://watesawal.blogspot.com

4. Aing Merch

Blog Aing Merch menyediakan macam-macam font aksara Sunda baku. Selain itu, tersedia juga font aksara Sunda kuno, Buda/gunung dan Cacarakan. Font-font yang tersedia merupakan kreasi Ki Basajan, dengan variasi gaya yang sangat kaya, mulai dari gaya sederhana, kaligrafi, hingga dekoratif.  Untuk kamu yang hobi membuat desain dan meme, langsung saja kunjungi blognya dan unduh fontnya.

Link: https://aingmerch.wordpress.com  

5. Sundanese Words

Situs web Sundanese Words dikembangkan oleh tim dari Universitas Padjajaran. Font yang dikembangkan oleh tim ini menggunakan metode pengetikan secara fonetis, sehingga diharapkan pengguna dapat mengetik aksara Sunda senyaman mengetik aksara Latin. Font ini cocok digunakan dalam aplikasi pengolah kata visual seperti MS Word  tanpa harus menginstal driver keyboard khusus.   

Link: http://sundanesewords.com 

Itulah 5 situs populer yang menyediakan font aksara Sunda. Kamu bisa mengunduh fontnya sekarang juga sesuai kebutuhan dan keperluan. Font-font yang tersedia di semua web di atas memiliki batasan hak cipta masing-masing. Perhatikan baik-baik ya.  

Jika kamu memiliki referensi situs lain yang menyediakan font aksara Sunda, yuk hubungi Admin. Atau, silakan berikan komentar di bawah tulisan ini. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *