Sakola Aksara Sunda

Sakola Aksara Sunda adalah kegiatan belajar aksara Sunda yang diadakan seminggu sekali setiap hari Sabtu atau Minggu. Hari dan tempat kegiatan ini sifatnya pleksibel, dan tidak kaku layaknya belajar di sekolah, tetapi lebih mengutamakan rasa kebersamaan dan komunikasi yang baik antar peserta dan penyelenggaranya.

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisikan dan menyampaikan pengetahuan kepada generasi muda mengenai salah satu kebuadayaan Sunda, yaitu aksara tradisi. Selain itu dalam kegiatan ini diharapkan akan adanya motivasi belajar yang berbeda dari cara belajar formal. Dengan cara berkunjung langsung ke tempat –tempat terkait, peserta akan merasakan suasana yang lebih ekslusif dalam belajar dan mendalami  aksara Sunda dengan suasana santai dan menyenangkan, misalnya berkunjung ke museum dan membaca langsung tulisan dalam reflika prasasti Kawali.

Tempat

Kegiatan ini biasa dilaksanakan di tempat yang berbeda-beda setiap minggunya, disesuaikan dengan situasi dan kondisi cuaca serta pesertanya. Caranya, untuk peserta baru harus mendaftarkan diri kepada penyelenggara, dan nanti akan dimasukan ke dalam grup berjejaring, yang gunanya untuk menginformasikan waktu dan tempat pelaksanaan.

Tempat yang diprioritaskan adalah lokasi di luar ruangan seperti taman, halaman pendopo, alun-alun-alun, di museum, dsb. Tujuannya adalah untuk menambah suasana segar peserta sesuai denga moto kegiatan ini, yaitu belajar sambil bermain, bermain sambil belajar. Selain itu, kegiatan di luar ruangan memungkinkan untuk lebih mudah dalam mensosialisasikan kegiatan dan hususnya mensosialisasikan aksara Sunda itu sendiri.

Proses

Acara ini diagendakan dengan tahapan-tahapan. Setiap tahapan dikasih waktu tiga bulan. Jika dalam tiga bulan telah selesai dilaksanakan, maka akan diadakan evaluasi berupa tugas pembuatan karya dengan tema aksara Sunda, contohnya film dokumenter, kaligrafi, atau ide-ide baru yag diusulkan peserta terkait karya nyata dari aksara Sunda. Setelah itu, jika peserta dinyatakan lulus dan dianggap sudah bisa aksara Sunda, maka akan diberikan sertifikat dan naik ke tahapan ke dua untuk menjadi mahir aksara Sunda. Ditahapan ke dua peserta ditutut untuk mahir menulis dan membaca yang selanjutnya akan mendapatkan sertifikat sebagai kuasa untuk mengajarkan pada peserta baru.

Kunjungan

Sakola Aksara Sunda tebuka juga dengan agenda kunjungan (roadshow) misalnya ke komunitas-komunitas atau kelompok yang ingin belajar aksara Sunda di lingkungannya. Caranya tentu saja dikomunikasikan terlebih dahulu dengan tim dari Sakola Aksara Sunda untuk menyesuaikan waktu dan tempat pelaksanaan.

Informasi

Untuk info program dan kegiatan selanjutntya bisa kontak langsung ke nomer WA 081320946622 email : sakolaaksarasunda@gmail.com dan istagram @sakolaaksarasunda

Liputan

Kegiatan kami telah diliput oleh media massa lokal:

 

Kairaga.com © 2017
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com