Tentang Situs

Kairaga.com adalah situs yang berisi tulisan-tulisan mengenai manuskrip (naskah kuno), —terutama naskah Sunda—, font aksara dan informasi tentang pernaskahan Nusantara lainnya. Pertama kali diluncurkan tanggal 30 Mei 2009 dan dikelola secara swadaya. Pada awalnya situs ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi seputar topik-topik kesundaan, terutama yang berkenaan dengan perkembangan aksara Sunda. Seiring dengan bertambahnya kebutuhan informasi tentang pernaskahan kuno, maka situs ini juga menampilkan berbagai informasi seputar pernaskahan kuno dan Filologi di Nusantara.

Kairaga diambil dari nama seorang cendikiawan Sunda bernama Kai Raga, yang produktif menulis dan menyalin teks-teks Sunda kuno yang ditorehkan pada daun lontar dengan aksara Sunda kuno. Teks-teks itu berisi tentang ajaran filosofi tentang kebaikan dan keagamaan Sunda pada masanya. Kumpulan naskah tulisan tangan Kai Raga kini tersimpan dengan baik di sebuah rumah adat Sunda di kaki gunung Cikuray, Garut, Jawa Barat.

Ia merupakan penyalin dan penulis naskah Sunda kuna terakhir yang diperkirakan hidup dari masa sekitar akhir abad ke-17 atau awal abad ke-18. Dilihat dari karyanya, Kai Raga sangat produktif dalam menyalin naskah Sunda kuna pada beberapa media tulis, seperti lontar, bambu dan daluang menggunakan aksara  dan bahasa Sunda kuna.


Pengelola

Ilham Nurwansah & Aditia Gunawan

Kontributor Konten

Ai Hayati M., E. Mulyadi, Hady Prastya, Susilawati, Panji Topan Bahagia, Ki Basajan (font)

Ketentuan Hak Cipta

Creative Commons License

Konten situs Kairaga.com berada di bawah lisensi Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Tanpa Adaptasi. Terkecuali jika dinyatakan lain pada sebagian isi teks maupun gambar. Dengan mengunduh bagian atau seluruh bagian dari situs ini anda berarti telah mengerti ketentuan hak cipta tersebut.

Kesesuaian Aksara

Pada web ini telah terpasang (embeded) font aksara Sunda dengan pengkodean Unicode. Browser internet umumnya dapat menampilak dengan baik aksara Sunda yang diketik pada web ini. Tapi, mungkin saja beberapa browser internet tidak dapat menampilkan aksara Sunda dalam web ini.

Untuk mengatasinya, silahkan unduh dan pasang dulu font aksara Sunda Unicode berikut ini: Sundanese_Unicode 2.0.ttf. Lihat juga panduan pengaturan di browser Mozilla Firefox.

Berkontribusi

Anda dapat memberikan kontribusi berupa tulisan, foto, video maupun informasi apapun dengan topik aksara, naskah, filologi untuk dimuat di Kairaga.com. Lihat info selengkapnya.

Tampilan Iklan

Anda mungkin menemukan tampilan iklan yang terpasang di beberapa halaman artikel. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Iklan dibutuhkan untuk membiayai sewa hosting dan domain situs Kairaga.com. Anda juga dapat mendukung ketersediaan website ini dengan berdonasi.

Saran & Kritik

Sampaikan kritik dan saran Anda melalui halaman kontak.

Updated: 18 Juli 2020 — 22:01