Sajarah Bandung

Teks cerita dan silsilah keluarga para bupati Bandung yang dikemukakan sejak Prabu Siliwangi hingga bupati Bandung Adipati Kusumadilaga yang hidup sezaman dengan pengarangnya serta cerita-cerita lain yang bertalian dengan kaum ménak Bandung. Dalam mengungkapkan silsilah itu diutarakan satu persatu bupati-bupati Bandung itu secara kronologis beserta isteri-isteri dan anak-anak mereka. Karangan ini terdapat dalam dua naskah (manuskrip) yaitu yang tersimpan di Perpustakaan Nasional Jakarta (Koleksi Pleyte peti 121) dan di Leiden, Belanda (LOr. 6455), yang ditulis dengan memakai aksara Latin dan bahasa Sunda dalam bentuk prosa. Pengarangnya ada 4 orang, masing-masing mengerjakannya sebagian demi sebagian hingga selesai seluruhnya pada akhir abad ke-19. Pengarang terakhir bernama Raden Rangga Sastranagara (lahir di Bandung tahun 1824), seorang bangsawan dari Bandung.

Sumber: Ensiklopedi Sunda: Alam, Manusia, Budaya (Termasuk Budaya Betawi dan Cirebon). 2000. Jakarta: Pustaka Jaya.

Updated: 14 Februari 2011 — 14:36

3 Comments

Add a Comment
  1. Saya punya struktur silsilah yang d tanda tangani oleh pejabat belanda dan ingin mengatahui kekeberadaan saudara sepupu saya yangunglin tidak mengaenal kami bagai manakah itu?

  2. saya menemukan naskah tentang "sajarah anu jeneng bopati di tanah bandung" aksara pegon, bahasa Sunda, naskah Photo copy, terdapat kolofon 1922. isi teks tentang silsilah para bupati di bandung dari mulai nabi Adam sampai dengan masa pemerintahan Sacawireja.
    bisa memberi petunjuk tentang naskah itu??

    Hatur Nuhun

  3. saya juga menemukan naskah yang sama persis dengan judul "sajarah anu jeneng bopati di tanah bandung", ciri-cirinya sama.
    untuk post coment yang kedua, bisa bertukar informasi kah?

    hatur nuhun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *