Cara Mudah Instal Aksara Bugis (Lontara) di Windows

Saat ini Aksara Bugis sudah tersedia di bawaan sistem Windows 10 dan juga Windows 11. Dengan fitur bawaan seperti itu, sesungguhnya Anda tidak perlu menginstal aksara Bugis di komputer atau laptop. Untuk bisa menggunakan aksara Bugis cukup dengan mengatur beberapa hal saja. Syaratnya yaitu sistem Windows Anda harus terhubungn dengan internet.

Font Aksara Bugis

Font aksara Bugis yang sudah ada di dalam sistem Windows secara bawaan yaitu Leelawadee. Font ini dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 2020. Dengan adanya font ini, aksara Bugis sudah bisa tampil dan diketik dalam berbagai aplikasi dan sisem Windows secara luas. Untuk mendapatkan font akasra Bugis lainnya yang sudah berbasis Unicode, Anda dapat mengunduhnya dari situs Aksara di Nusantara (https://aksaradinusantara.com/fonta/aksara/lontara)

Driver Keyboard

Windows 10 dan 11 sudah menyediakan driver dan layout khusus untuk aksara Bugis. Untuk menggunakan keyboard ini perlu dilakukan pengaturan pada pilihan bahasa dan papan tombol pada menu Setting. Tata letak tombol karakternya juga dikembangkan oleh Microsoft. Untuk sementara belum ada pilihan tata letak papan tombol aksara Bugis dari pengembang lain maupun standar yang ditentukan oleh penggunanya.

Panduan Instalasi

Panduan Instalasi atau pemasangan keyboard maupun pengaturan font aksara Bugis pada Windows 10 bisa Anda simak selengkapnya di laman ini:
https://www.kairaga.com/keyboard/pc/lontara/

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang pemasangan keyboard dan font aksara Bugis/Lontara tersebut, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.