Jenis-Jenis Biaya Perawatan Mobil Ini Wajib Diketahui

Mobil digunakan sebagai sarana transportasi, baik yang sifatnya rutin maupun yang jarang. Perawatan mobil secara rutin perlu dilakukan agar dalam perjalanan tetap aman dan nyaman, yaitu dengan melakukan servis mobil secara berkala. Perawatan komponen lain juga diperlukan untuk mencegah risiko mogok, rem blong di tengah jalan, dan risiko lainnya.

Jenis perawatan mobil sangat beragam dan biayanya bisa sangat memberatkan jika tidak memiliki asuransi mobil. Meski asuransi mobil akan meng-cover kerusakan yang dialami kendaraan roda empat, tentu saja ada sejumlah biaya yang harus dibayar setiap bulannya bagi Anda sebagai pemegang polis.

Biaya asuransi mobil ini menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan saat akan memutuskan untuk membeli polis dari agen ataupun perusahaan asuransi terkait. Pasalnya, biaya asuransi yang dibebankan kepada nasabah umumnya akan memiliki angka nominal berbeda-beda, karena dinilai berdasarkan harga kendaraan yang dimiliki dan wilayah domisili tempat Anda tinggal.

Nah, dari biaya yang dikeluarkan itulah yang akan menentukan jenis-jenis perawatan mobil yang bisa Anda peroleh. Namun, sebelum mengetahui jenis-jenis biaya perawatan mobil, tentu saja Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis asuransi mobil.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Ada dua jenis asuransi mobil yang biasa ditawarkan, yaitu asuransi All Risk dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi All Risk adalah jenis asuransi yang akan mengganti atau memperbaiki setiap kerusakan yang ditimbulkan akibat kecelakaan atau pencurian kendaraan.

Sementara itu, asuransi TLO adalah asuransi yang hanya menanggung kerusakan minor, maksimal 75 persen kerusakan, yang ditimbulkan akibat kecelakaan atau pencurian kendaraan.

Perluasan Pertanggungan Asuransi Mobil

Pilihan perlindungan asuransi mobil tentu dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tetapi, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain penyebab kerusakan di luar kecelakaan lalu lintas, seperti risiko kerusakan akibat bencana alam, huru-hara, dan lainnya.

Biasanya proteksi terhadap kasus-kasus tertentu masuk ke dalam perluasan pertanggungan asuransi mobil. Karena sifatnya merupakan perluasan, maka akan ada penyesuaian premi, yaitu berkisar 30 persen lebih tinggi dibandingkan premi standar. Mari kita bahas keuntungan dari beberapa jenis perluasan pertanggungan.

1. Perluasan personal accident

Dengan menambah perluasan pertanggungan personal accident, ketika mengalami kecelakaan, bukan hanya kendaraannya yang akan mendapatkan pertanggungan, tetapi juga pengemudi yang cedera akibat kecelakaan tersebut. Syaratnya, pengemudi memiliki SIM dan berkendara sesuai ketentuan rambu lalu lintas.

Bentuk pertanggungan biasanya meliputi biaya perawatan. Dengan demikian, pemilik polis tak perlu dipusingkan dengan tambahan biaya perawatan sehabis mengalami kecelakaan.

2. Perluasan tanggung jawab hukum pihak ketiga

Ketika mengalami kecelakaan yang diakibatkan oleh diri sendiri, manfaat dasar asuransi belum tentu akan memberikan pertanggungan atas kerusakan yang timbul. Itu berarti, pemilik polis perlu menanggung sendiri biaya perbaikan plus kemungkinan biaya ganti rugi yang diajukan oleh pihak ketiga.

Lewat manfaat tambahan asuransi mobil pihak ketiga, pemegang polis akan terjamin dari kerusakan yang timbul akibat kecelakaan sekaligus menanggung biaya ganti rugi atas kendaraan pihak ketiga.

Beberapa asuransi bahkan ikut menanggung biaya perawatan korban. Karena perlindungannya begitu komprehensif, harga preminya pun cukup mahal. Namun, mengingat perlindungannya dapat menghindari kita dari biaya ganti rugi di saat sedang sulit, jenis perluasan ini cukup banyak peminatnya.

3. Perluasan bencana alam dan kerusuhan

Mengingat kondisi alam sulit diprediksi, seperti banjir besar yang menyambut awal tahun 2020, kemungkinan kendaraan mengalami kerusakan akibat bencana alam cukup tinggi. Begitu pula dengan situasi sosial yang dapat berujung pada kerusuhan.

Karena itu, tak heran jika hampir setiap perusahaan menawarkan penambahan perluasan proteksi terhadap bencana alam dan kerusuhan. Penambahan proteksi ini cocok bagi kita yang tinggal di daerah rawan bencana alam, seperti banjir, maupun rawan konflik.

Tak ada salahnya menambah perluasan proteksi ini agar biaya perbaikan atau kehilangan yang timbul akibat dua hal tersebut bisa lebih ringan.

Jenis-Jenis Perawatan Mobil

Adapun jenis-jenis biaya perawatan mobil yang dimaksudkan antara lain:

1. Servis Berkala

Jenis perawatan pertama adalah servis berkala yang dilakukan setiap 5.000 km sekali. Jadi, semakin sering mobil digunakan semakin cepat berkunjung ke bengkel untuk servis berkala. Servis ini bisa mencakup pembersihan mesin, ganti oli, dan ganti sparepart. Biaya disesuaikan dengan bentuk perawatan yang diberikan mekanik.

2. Perawatan Tune Up

Jenis biaya yang kedua adalah perawatan tune up yang bisa juga disebut sebagai servis besar. Biasanya tune up dilakukan setelah mobil berusia 1 tahun atau dimiliki setelah satu tahun lamanya. Perawatan ini bertujuan untuk mempertahankan performa mesin mobil dan dilakukan dengan mengganti sejumlah komponen atau spare part mobil.

3. Ganti Oli

Selain servis rutin, pemilik mobil juga perlu rajin ganti oli. Bisa oli untuk mesin di bagian dalam bisa juga untuk area kaki-kaki seperti pada ban. Biasanya jenis oli pada mobil disesuaikan dengan jenis mobil itu sendiri. Ganti oli perlu dilakukan rutin agar mobil tetap pakem saat direm dan menjaga sparepart agar awet dan tidak mudah aus.

4. Pembersihan Mobil

Jenis perawatan yang terakhir adalah pembersihan mobil, atau perawatan untuk membersihkan seluruh bagian mobil. Biasanya ke salon mobil untuk membersihkan bagian dalam maupun luar. Perwatan ini mencakup mencuci mobil, membersihkan bagian dalam dengan mesin vacuum, dan lain sebagainya.

Semua jenis perawatan yang dijelaskan tentunya rutin dilakukan, memang tidak setiap hari tapi sudah pasti dilakukan secara berkala. Supaya biayanya lebih ringan atau bahkan tidak perlu pusing lagi memikirkan biayanya. Pertimbangkan untuk membeli asuransi mobildari perusahaan yang terpercaya.

Updated: 11 Maret 2022 — 20:45

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.