Tingkatkan Penjualan Dengan Memiliki Domain

Secara sederhana, domain adalah serangkaian karakter yang berfungsi sebagai alamat website. Tujuannya yakni menggantikan IP Address dari server sehingga memudahkan pengunjung untuk mengakses konten website melalui internet. 

Contoh domain yakni seperti detik.com, tirto.id atau facebook.com. Nama domain bisa didapatkan dengan cara sewa, minimal satu tahun dan maksimal 10 tahun berturut-turut. Kamu bisa memilih registrar yang menjual domain .com atau cek domain murah untuk mengakomodir kebutuhan website.

Pertanyaannya, bagaimana peran domain dalam meningkatkan penjualan?

Jual-beli online saat ini sudah menjadi trend yang tidak bisa dilepaskan dari dari aktivitas harian. Baik orang tua maupun anak muda semakin banyak yang memanfaatkan internet untuk belanja berbagai kebutuhan. 

Penggunaan nama domain yang tepat tentu bisa membantu meningkatkan penjualan karena bisa mendorong branding serta visibilitas bisnis di mesin pencari jika dilakukan optimasi dengan baik dan benar.

Berikut ini merupakan manfaat memiliki domain yang perlu diketahui oleh para pebisnis di era digital agar penjualan produk atau jasa semakin optimal.

Manfaat Memiliki Domain untuk Bisnis Online

Memiliki domain bisa menjadi salah satu cara untuk menunjang keberlangsungan bisnis online. Tidak hanya memiliki potensi besar untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan, namun juga bisa meningkatkan brand awareness, kredibilitas, dan beberapa hal lain seperti berikut ini.

1.Sebagai Identitas Bisnis

Identitas menjadi aspek penting yang membedakan bisnis kamu dari kompetitor. Secara tidak langsung, calon pelanggan akan lebih mudah mengidentifikasi produk atau jasa yang kamu tawarkan jika bisnis kamu sudah memiliki identitas yang jelas, salah satunya dari pemilihan nama domain.

Perlu diketahui, di era digital seperti sekarang domain menjadi kunci untuk memudahkan branding dan promosi. Bisa dibayangkan jika bisnis kamu saat ini masih menggunakan domain gratisan dari blogspot atau WordPress. Hal ini tentu kurang optimal dari segi identitas bisnis.

2.Menunjukkan Sisi Profesional

Memiliki domain juga mampu meningkatkan citra profesional di mata calon pelanggan. Reputasi bisnis kamu akan semakin baik di ranah digital jika sudah menggunakan nama domain TLD yang sesuai dengan identitas brand.

Nama domain sendiri tidak hanya sebatas untuk keperluan URL website, lho! Tapi juga bisa digunakan sebagai alamat email guna menunjang kebutuhan komunikasi dengan klien. Contoh email dengan nama domain sendiri yakni, gmail@rudysalim.com atau john@google.com. 

Jika dibandingkan dengan alamat email gratisan, penggunaan email seperti contoh di atas tentu jauh lebih elegan dan profesional, bukan?

3.Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Salah satu kunci sukses untuk meningkatkan penjualan di era digital adalah melalui SEO (Search Engine Optimization). Nah, di sini kamu bisa memainkan sedikit strategi agar website bisa mendapatkan posisi teratas di mesin pencari.

Sebagai contoh, misalnya kamu saat ini sedang menekuni bisnis jualan bunga di Kota Yogyakarta. Ada dua pilihan nama domain yang bisa digunakan, pertama adalah nama domain brand, seperti fluxflorist.com atau beautyflower.com. 

Kemudian yang kedua yakni dengan memilih domain berdasarkan kata kunci yang sering dicari, seperti jualbungajogja.com atau percetakanku.co.id

Keduanya sebenarnya memiliki keunggulan masing-masing, namun masih ada beberapa orang yang percaya bahwa Keyword on Domain (KOD) punya andil cukup besar dalam mendapatkan ranking.

4.Mudah Dikenali Oleh Konsumen

Bicara soal cara meningkatkan penjualan, hal ini tentu tidak bisa dilepaskan dari aktivitas promosi serta testimoni dari pelanggan. Dua faktor tersebut bisa menjadi senjata ampuh untuk menjaring konsumen baru secara digital maupun konvensional.

Di sini nama domain memiliki peran penting, karena domain akan digunakan sebagai referensi untuk melakukan pembelian. Orang-orang akan menyebut nama domain kamu di percakapan atau bahan promosi words of mouth ketika ada yang bertanya soal link pembelian.

Tips dari kami, usahakan memilih nama domain yang mudah diingat dan gampang diucapkan. Selain itu, sebisa mungkin gunakan ekstensi domain populer seperti .com, .id atau .net agar lebih kredibel.

Hindari juga pemakaian tanda hubung karena relatif susah ketika diucapkan. Begitu pula dengan angka, rasanya tidak perlu digunakan jika brand kamu memang tidak memiliki keterkaitan khusus dengan penulisan angka.

5.Menarik Perhatian Calon Pelanggan

Manfaat memiliki domain selanjutnya yakni bisa menarik perhatian calon pelanggan. Sebagai informasi, nama yang unik dan keren bisa mempengaruhi keputusan belanja bagi sebagian orang. 

Rasa penasaran yang muncul ketika menemukan domain website unik di mesin pencari juga bisa memberikan alasan tersendiri untuk melakukan pembelian atau berpindah ke website lain.

Misalnya, website toko online yang menggunakan domain tokosembako.com mungkin akan terkesan biasa saja jika dibandingkan dengan tokopedia.com yang memang lebih unik tanpa meninggalkan kesan sebagai website jual-beli barang secara online.

Demikianlah penjelasan terkait manfaat memiliki domain untuk meningkatkan penjualan. Memiliki domain memang mampu memberikan banyak manfaat untuk bisnis online, jadi tidak ada salahnya bagi para pebisnis untuk membeli domain dan mengelolanya sebagai bentuk aset digital.

Semoga bermanfaat.

Updated: 19 Maret 2022 — 05:50

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.