5 Fakta Asuransi Online yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Di era digital saat ini, jenis produk maupun layanan yang bisa Anda peroleh secara online semakin banyak dan beragam. Salah satunya adalah asuransi, yang kemudian juga dikenal dengan istilah asuransi online.

Secara garis besar, asuransi online sama saja dengan asuransi konvensional pada umumnya. Yang membedakan adalah media atau platform-nya, di mana polis yang akan Anda terima adalah polis online atau dalam format digital.

Dengan asuransi online, Anda bisa dapatkan proteksi yang Anda butuhkan dengan lebih mudah, praktis, dan cepat. Bahkan, Anda bisa melakukan review polis asuransi secara online dari mana dan kapanpun.

Semakin tertarik mengenal asuransi online lebih jauh, mari simak artikel ini karena Anda bisa temukan 5 fakta tentang asuransi online, termasuk cara pilih asuransi online terbaik.

Calon Nasabah yang Proaktif

Beda dengan asuransi konvensional di mana Anda hanya perlu menghubungi agen asuransi dan agen tersebut lah yang akan menjelaskan segala informasi dan membantu proses pendaftaran, Anda perlu lebih proaktif saat mencari informasi hingga mengajukan asuransi online.

Oleh karena itu, Anda perlu luangkan waktu untuk mengumpulkan banyak informasi yang Anda butuhkan mengenai suatu produk asuransi online maupun cara pilih asuransi online terbaik.

Di samping itu, Anda sendiri pula yang perlu menyiapkan dan meng-upload formulir dan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan asuransi yang Anda butuhkan.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir harus melakukan semuanya sendirian, termasuk ketika Anda memiliki pertanyaan atau butuh bantuan.

Pasalnya, perusahaan asuransi tentu juga sudah menyediakan layanan pelanggan alias customer service (CS) secara online, yang dapat dihubungi secara langsung dari aplikasi asuransi online, email, maupun telepon.

Persyaratan Cenderung Lebih Simpel

Meskipun Anda harus lebih “repot” dalam mencari informasi tentang produk asuransi online hingga pengajuan asuransi, sebenarnya prosesnya lebih sederhana, kok. Soalnya, persyaratan pengajuan asuransi online secara garis besar lebih simpel dibandingkan asuransi konvensional.

Misalnya, asuransi kesehatan atau asuransi jiwa online biasanya tidak mewajibkan calon nasabah untuk melakukan tes kesehatan. Dengan begitu, persyaratan pengajuannya juga lebih sedikit, kan?

Premi Asuransi Lebih Terjangkau

Dibandingkan asuransi konvensional, besaran biaya premi asuransi online cenderung lebih kecil dan terjangkau. Salah satu alasannya adalah karena adanya proses efisiensi pada saat Anda mengajukan asuransi lantaran tidak ada biaya agen yang perlu dibayarkan.

Oleh karena itu, jika Anda punya budget premi yang terbilang mepet, asuransi online bisa jadi solusi yang pas. Meski demikian, perlu Anda perhatikan pula bahwa besar premi yang lebih kecil biasanya juga berarti jumlah manfaat atau pertanggungan yang juga lebih kecil.

Akan tetapi, hal ini juga sekali lagi bergantung pada apa jenis produk asuransi yang Anda pilih. Untuk info lebih jelasnya, Anda bisa langsung menghubungi layanan pelanggan perusahaan asuransi terlebih dahulu.

Program Loyalty Reward

Sering kali, asuransi online juga memiliki program membership, dan termasuk di dalamnya adalah skema loyalty seperti loyalty point.

Lewat skema ini, Anda bisa mengumpulkan poin ataupun reward yang dapat Anda tukarkan ke merchant-merchant tertentu pada saat berbelanja atau melakukan transaksi apapun.

Proses Pengajuan Lebih Mudah dan Cepat

Karena seluruh proses pengajuannya dilakukan secara online, pemrosesan pengajuan asuransi online biasanya juga butuh waktu yang jauh lebih singkat.

Mulai dari Anda sebagai calon nasabah yang sedang melakukan pengajuan, Anda tidak perlu repot-repot print formulir dan mengirimkan hard copy-nya ke alamat perusahaan asuransi atau menitipkannya ke agen asuransi.

Formulir yang perlu Anda isi juga tersedia secara digital, sehingga bisa Anda isi langsung dari smartphone atau laptop. Dan seluruh dokumen persyaratannya juga cukup Anda upload secara online, Anda bisa langsung foto dokumen-dokumennya menggunakan smartphone dan upload pada saat yang bersamaan.

Tentu saja asuransi online memiliki keunggulan dan keunikannya sendiri, yang membuatnya berbeda dari asuransi konvensional pada umumnya.

Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu soal asuransi online dan pertimbangkan kebutuhan Anda untuk memutuskan apakan asuransi online adalah pilihan yang tepat.

Updated: 26 Agustus 2022 — 13:52

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.