Bagaimana Cara Belajar Coding yang Baik? Yuk, Ikuti Langkah Berikut!

Salah satu skill profesional yang amat dibutuhkan dalam dunia digital adalah coding. Kabar baiknya kini belajar coding tidak hanya terbatas di bangku kuliah atau pendidikan formal saja. Sebab, kamu juga bisa mempelajarinya dengan banyak cara.

Kini, berbagai perusahaan semakin gencar mencari orang-orang yang ahli dalam hal coding. Hal ini karena kemampuan coding berperan penting dalam cara membuat website, pengembangan situs, dan software untuk menunjang bisnis di ranah digital.

Nah, kamu ingin juga merasakan dicari-cari oleh berbagai perusahaan? Ikuti tips cara belajar coding yang baik berikut ini!

Cara Belajar Coding dengan Baik

1. Memahami Konsep Dasar Coding

Untuk bisa mempelajari berbagai bahasa pemrograman, kamu harus memahami lima konsep dasar dari coding terlebih dahulu. Lima konsep dasar tersebut di antaranya, yaitu:

  • Data Structure: konsep ini merupakan format khusus untuk menganalisis dan menyimpan data sesuai dengan tujuannya.
  • Variable: konsep ini terdiri dari nilai, angka, memory address, dan character string yang memungkinkan programmer untuk membuat programnya sendiri.
  • Control Structure: merupakan serangkaian blok pemrograman yang menganalisis variabel dan menentukan langkah berikutnya.
  • Syntax: merupakan sebuah kode atau script yang dipahami oleh komputer untuk mencapai tujuan dibuatnya program tersebut.
  • Tools: merupakan serangkaian program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, serta menjalankan debug terhadap program maupun aplikasinya.

2. Pilih Bahasa Pemrograman Sesuai Kebutuhan

Nah, saat kamu belajar coding cobalah untuk memilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan. Tentukan terlebih dahulu tujuan coding agar kamu dapat memilih bahasa pemrograman yang tepat. Sekaligus sumber pembelajaran yang nantinya akan kamu gunakan.

Hal ini lantaran bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah situs, tentunya berbeda dengan yang diperuntukkan untuk membuat aplikasi. Nah, untungnya kebanyakan bahasa coding memiliki konsep dasar yang mirip sehingga mudah diterapkan oleh pemula.

Baca juga : Beli mail hosting

3. Kuasai Bahasa Pemrograman Satu per Satu

Dengan mempelajari bahasa pemrograman satu per satu dapat membantu kamu memahaminya dengan baik. Kamu bisa mengawalinya dengan belajar bahasa pemrograman yang sederhana terlebih dulu. Seperti halnya Python, HTML/CSS, ataupun JavaScript.

Nah, saat kamu belajar coding sebaiknya fokus dulu untuk belajar satu jenis bahasa pemrograman sebelum lanjut mempelajari yang lainnya. Tujuannya, agar kamu tidak kebingungan saat mencampurkan berbagai macam syntax ke dalamnya.

Akan tetapi, kamu perlu mempelajari HTML dan CSS secara bersamaan apabila kamu berencana untuk mengembangkan sebuah website. Sebab, biasanya keduanya perlu digunakan secara bersamaan sekaligus.

4. Memahami Setiap Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman

Untuk mempelajari bahasa pemrograman apapun harus dimulai dari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Misalkan, bila kamu hendak mempelajari JavaScript, maka cobalah mengawali dari bagian pengenalan dan tutorial penggunaanya.

Kamu bisa menguraikan satu proyek yang besar menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana dan mudah kamu pahami. Nah, setelah kamu menguasai tutorial tersebut, coba hapus kembali dan ulangi dari awal sampai akhir. Dengan begitu, kamu akan mudah mengingatnya.

5. Coba Mengikuti Kursus Coding

Kamu juga bisa mencoba mengikuti kursus coding guna menunjang pembelajaran kamu. Saat ini, sudah tersedia beragam online course yang membuka sesi belajar coding. Selain itu, bentuk online course juga beragam, mulai berbasis teks, video, hingga praktek langsung.

Kamu bisa mencoba live course karena bisa lebih efektif. Sebab, live course terdapat praktik langsung mengenai materi-materi yang telah diberikan. Atau, kamu bisa mencoba belajar secara gratis melalui situs-situs, seperti Codeacademy, Code.org, dan yang lainnya.

6. Belajar Coding Melalui Game Online

Salah satu game online yang dibuat dengan menggunakan bahasa JavaScript adalah AngryBirds. Hal ini mungkin bisa mengasyikkan sebagai tips belajar coding sendiri. Kamu bisa belajar coding sembari mempelajarinya melalui game online yang dibuat developers-nya lho!

Tak hanya Angry Birds saja, ada banyak game online yang dibuat berdasarkan bahasa pemrograman JavaScript, hingga C++. Mulai dari Counter Strike, Polycraft, Football Pro, dan yang lainnya. 

Kamu bisa memilihnya berdasarkan kesukaan kamu sembari mempelajarinya. Melalui game online ini kamu bisa mempelajari desain gamenya hingga kesulitan yang dimunculkan oleh developers-nya lho!

7. Carilah Mentor Untuk Membimbing Kamu

Mencari seorang mentor juga dapat membantu pemula seperti kamu untuk belajar coding dengan mudah. Saat ini, sudah banyak komunitas programming yang bisa kamu ikuti lho! 

Dengan bergabung di komunitas-komunitas tersebut, kamu dapat bertemu dengan banyak programmer dan developer yang bisa kamu jadikan mentor. Selain itu, tak menutup kemungkinan setelah kamu handal, kini giliran kamu yang menjadi mentor.  

Pada dasarnya tidak ada cara belajar coding yang baik yang dapat diterapkan kepada semua orang begitu saja. Sebab, mempelajari coding dan programming juga memerlukan waktu dan kesabaran. Namun, hasilnya akan terbayarkan nantinya jika kamu sabar dan tekun.

Updated: 29 Agustus 2022 — 10:50

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.